28 September 2024

Tips Minum Air Kelapa yang Tepat Supaya Gula Darah Bisa Turun

Manfaat air kelapa untuk menurunkan kadar gula darah. (Foto: shutterstock)

Air kelapa merupakan salah satu minuman alami yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya adalah untuk menurunkan kadar gula darah.

Dikutip dari Healthifyme, air kelapa miliki kadar gula yang rendah dan mengandung beberapa nutrisi. Mulai dari kalium, magnesium, mangan, vitamin C, dan L-arginin dalam jumlah yang cukup.

Kadar gula yang rendah pada air kelapa tidak mempengaruhi kadar gula darah secara signifikan. Selain itu, kandungan kalium, magnesium, mangan, vitamin C, dan L-arginin yang tinggi dapat meningkatkan sensitivitas sel terhadap insulin.

Oleh karena itu, air kelapa dapat membantu mengatur gula darah dan cocok untuk pengidap diabetes. Berikut cara minum air kelapa yang tepat untuk membantu menurunkan kadar gula darah:

1. Minum air kelapa tanpa pemanis tambahan
Air kelapa kaya akan vitamin dan mineral yang menjadi sumber gula yang cukup. Namun, untuk menurunkan kadar gula darah disarankan untuk menghindari minum air kelapa yang ditambahkan dengan pemanis seperti gula pasir, kental manis, atau sirup.

Dikutip dari Healthline, pemanis tambahan tersebut yang dapat meningkatkan asupan kalori dan kadar gula darah.

2. Minum air kelapa dengan porsi yang pas
Untuk menurunkan kadar gula darah dengan air kelapa, pilih yang tidak mengandung pemanis buatan. Selain itu, batasi asupan air kelapa, sekitar 1-2 cangkir atau sekitar 240-280 ml per hari.

3. Dikonsumsi secara teratur
Manfaat air kelapa untuk menurunkan kadar gula darah dapat dirasakan jika diminum secara teratur. Dikutip dari NDTV, air kelapa mengandung magnesium yang membantu menghasilkan kadar gula darah yang terkendali.

Maka dari itu, disarankan untuk minum secara rutin, terutama bagi orang dengan penyakit diabetes.


































Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "3 Cara Minum Air Kelapa yang Bisa Bantu Turunkan Kadar Gula Darah"