02 October 2024

Berbagai Buah Rendah Kalori Ini Juga Bisa Bantu Turunkan BB

Ilustrasi. (Foto: istock)

Kalori memainkan peranan yang sangat penting dalam mengelola berat badan. Jika asupan kalori terlalu tinggi, maka akan disimpan dalam bentuk lemak sehingga menyebabkan peningkatan berat badan.

Karenanya, seseorang yang ingin menurunkan berat badan perlu menjaga agar asupan kalori hariannya tidak lebih besar dari yang kebutuhan kalori untuk beraktivitas. Salah satu caranya dengan memilih menu makanan yang rendah kalori, termasuk buah-buahan.

Meski semua jenis buah umumnya menyehatkan dan bisa membantu menurunkan berat badan, beberapa jenis buah memiliki kandungan kalori yang rendah sehingga mendukung defisit kalori. Jenis buah ini paling cocok dikonsumsi saat diet untuk menurunkan berat badan.

Dikutip dari Eat This, berikut sejumlah buah rendah kalori yang dapat membantu menurunkan berat badan.

1.⁠ ⁠Apel
Apel tak hanya rendah kalori, tapi juga kaya akan nutrisi. Satu buah apel berukuran sedang dapat mengandung 62,4 kalori, 25,1 gram karbohidrat, 4,4 gram serat, dan 0,5 gram protein.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan apel dapat membantu mengurangi nafsu makan dan rasa lapar.

Selain itu, apel juga dapat membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko diabetes, dan meningkatkan kesehatan usus.

2.⁠ ⁠Blueberry
Satu cangkir blueberry mengandung 84,4 kalori. Buah ini juga kaya akan serat, protein, dan antioksidan yang bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

Penelitian juga menunjukkan blueberry dapat membantu mengelola glukosa dan mengurangi tekanan darah.

3.⁠ ⁠Pepaya
Pepaya mengandung beragam nutrisi yang dapat menunjang penurunan berat badan. Satu cangkir pepaya yang sudah dipotong-potong mengandung sekitar 62,4 kalori, 15,7 gram karbohidrat, 2,5 gram serat, dan 0,7 gram protein.

Pepaya juga mengandung beta karoten, senyawa dengan sifat antioksidan yang dapat membantu memperlambat penuaan serta mengurangi risiko kerusakan sel.

4.⁠ ⁠Blackberry
Seperti halnya blueberry, blackberry mengandung berbagai macam nutrisi yang baik untuk kesehatan. Satu cangkir blackberry pun hanya mengandung sekitar 61,9 kalori, menjadikannya pilihan yang baik untuk menurunkan berat badan.

Satu porsi blackberry juga mampu memenuhi 37 persen dari kebutuhan serat harian. Berbagai penelitian menunjukkan serat dapat meningkatkan rasa kenyang dan kesehatan usus, dua faktor yang berkontribusi terhadap penurunan berat badan.

5.⁠ ⁠Stroberry
Buah rendah kalori lain yang cocok untuk diet adalah stroberi. Satu cangkir stroberi mengandung sekitar 48,6 kalori.

Meski rendah kalori, stroberi memiliki kandungan nutrisi yang beragam, seperti serat, vitamin, mineral, dan antioksidan yang tentunya dapat mendukung penurunan berat badan.

6.⁠ ⁠Semangka
Meski berukuran besar, semangka termasuk salah satu buah yang rendah kalori loh. Satu cangkir semangka yang dipotong dadu hanya mengandung 45,6 kalori saja.

Di sisi lain, semangka mengandung air, vitamin A, B6, C, serta antioksidan dalam bentuk likopen. Semangka juga memiliki kandungan gula yang lebih rendah dibanding kebanyakan buah lainnya, menjadikan buah ini salah satu pilihan yang baik untuk menurunkan berat badan.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "6 Buah Rendah Kalori untuk Bantu Turunkan BB, Enak dan Mudah Ditemukan"