03 October 2024

Berbagai Manfaat Jus Timun untuk Kesehatan Tubuh

Foto: Getty Images/iStockphoto

Mentimun atau timun sering disajikan sebagai lalapan. Namun tak sedikit pula yang mengkonsumsinya dalam bentuk jus. Selain segar, jus timun juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Timun memiliki banyak nutrisi. Dikutip dari buku Budidaya Sayuran Tropis oleh H Zulkarnain, kandungannya antara lain karbohidrat, protein, serat, folat, niacin, asam pantotenat, piridoksin, riboflavin, tiamin, vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K.

Di bawah ini akan kita ulas 11 manfaat jus timun, mulai dari untuk diet, mendukung kesehatan kulit, rambut, dan tulang.

Manfaat Jus Timun untuk Kesehatan

Dirangkum dari Medical News Today dan Be Bodywise, berikut ini manfaat jus timun untuk kesehatan:

1. Menurunkan Berat Badan
Jus timun hampir tidak mengandung kalori, sehingga menjadi pilihan tepat buat kalian yang lagi diet dan pengin minum minuman segar.

Selain itu, jus timun memiliki serat sehingga dapat digunakan untuk mengelabui rasa lapar, daripada makan cemilan yang bikin gendut.

2. Menghidrasi Tubuh
Tubuh membutuhkan air yang cukup untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Timun memiliki kandungan air yang tinggi, terlebih jika dibuat jus.

Selain mencukupi kebutuhan cairan, jus timun juga enak diminum saat suhu panas atau usai berolahraga.

3. Sumber Antioksidan
Mentimun adalah sumber antioksidan yang baik untuk mencegah kerusakan sel akibat stres oksidatif. Timun yang dijus bersama air mengandung kalsium, magnesium, kalium, fosfor, vitamin A, dan vitamin K.

4. Menurunkan Tekanan Darah
Tekanan darah tinggi terjadi akibat konsumsi natrium yang tinggi dan kalium yang rendah. Jus timun mengandung kalium dan menjaga keseimbangan natrium, sehingga berpotensi menurunkan tekanan darah.

5. Menjaga Kesehatan Kulit
Manfaat jus timun juga baik kesehatan kulit. Kebutuhan air yang tercukupi dapat membantu menjaga kelembapan kulit.

Hidrasi yang tepat juga membantu tubuh mengeluarkan racun. Kandungan vitamin B6 dalam timun dapat membantu mengatasi dermatitis seboroik dan masalah kulit lainnya.

6. Membantu Menyeimbangkan Hormon
Kekurangan kalsium dalam darah dapat mempengaruhi keseimbangan hormon. Jika ada kelenjar hormon dalam tubuh, seperti hipofisis atau tiroid, yang tidak seimbang, dapat ditangani dengan mengkonsumsi mentimun secara teratur, karena kadar kalsiumnya.

7. Mengurangi Rambut Rontok
Mentimun kaya akan mikronutrien yang dapat membantu mendorong pertumbuhan rambut, memperkuat folikel rambut, menutrisi kulit kepala, memberikan kilau pada rambut secara keseluruhan, mengurangi kerontokan rambut, dan membuat rambut halus.

8. Meningkatkan Penglihatan
Antioksidan dari jus mentimun dapat membantu melawan stres oksidatif yang dapat merusak retina dan menyebabkan masalah penglihatan.

9. Pencegahan Kanker
Jus timun mengandung flavonoid yang dapat membantu mencegah sel kanker tumbuh. Penelitian pada 2023, menyebut fisetin flavonoid makanan yang ditemukan dalam mentimun mungkin dapat memperlambat perkembangan jenis kanker tertentu, seperti kanker prostat.

10. Menjaga Kesehatan Otot
Selanjutnya, manfaat jus timun adalah untuk kesehatan otot karena kandungan kaliumnya. Kalium adalah kunci untuk energi otot dan kontraksi otot. Mentimun merupakan sumber kalium yang baik untuk mendukung fungsi otot.

11. Menjaga Kesehatan Tulang
Mentimun mengandung vitamin K yang tinggi, sehingga bisa membantu tubuh membentuk protein untuk membuat tulang dan jaringan yang sehat. Jus timun juga baik diminum orang yang mengalami patah tulang dan osteoporosis.

Efek Samping Minum Jus Timun

Hingga kini belum ada efek samping jus timun yang signifikan. Beberapa orang mungkin merasa mentimun sulit dicerna, karena menderita gangguan pencernaan.

Meskipun rata-rata orang dapat mentoleransi mentimun, detikers bisa menghubungi dokter jika mengalami masalah pencernaan atau efek samping lainnya setelah minum jus timun.

Itulah tadi 11 manfaat jus timun untuk kesehatan tubuh, mulai dari bermanfaat untuk diet hingga meningkatkan kesehatan otot dan tulang.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "11 Manfaat Jus Timun: Untuk Diet hingga Kesehatan Kulit dan Tulang"