01 October 2024

Ini Batasan Minum Kopi dalam Sehari

Ilustrasi kopi. (Foto: iStock)

Kopi merupakan salah satu jenis minuman populer yang dikonsumsi pagi hari sebelum beraktivitas. Tak sedikit yang beranggapan bahwa kopi bermanfaat untuk meningkatkan mood dan juga energi untuk beraktivitas.

Namun, kini yang menjadi pertanyaan sebenarnya seberapa banyak sih jumlah kopi yang disarankan maksimal per hari? Dikutip dari Mayo Clinic, 400 mg kafein sehari menjadi jumlah yang masih aman untuk kebanyakan orang dewasa sehat.

Jumlah tersebut sama dengan sekitar empat cangkir kopi hitam. Namun, ini kembali juga pada jenis biji kopi yang digunakan.

Perlu diperhatikan bahwa asupan kafein tidak hanya didapatkan dari kopi. Beberapa jenis minuman lain seperti minuman bersoda, minuman berenergi, cokelat, hingga teh juga mengandung kafein.

Terlalu banyak mengonsumsi kopi dapat menimbulkan efek samping yang tidak baik untuk kesehatan. Orang dewasa yang minum lebih dari 4 cangkir kopi sehari mungkin akan mengalami gelisah hingga sulit tidur.

Hal ini biasanya dialami oleh orang-orang yang tubuhnya mungkin lebih sensitif dengan zat kafein. Reaksi tubuh terhadap kafein ditentukan sebagian oleh seberapa banyak kafein yang biasa diminum.

Orang yang jarang mengonsumsi kopi atau kafein cenderung lebih sensitif terhadap efeknya.

Asupan kafein yang terlalu banyak juga sangat mempengaruhi kualitas tidur. Kualitas dan durasi tidur yang rendah, dikaitkan dengan gangguan kewaspadaan dan kinerja ketika siang hari.

Efek samping lain yang mungkin dapat dialami seseorang yang terlalu banyak mengonsumsi kopi atau kafein dalam sehari meliputi:
  • Sakit kepala
  • Insomnia
  • Kegugupan
  • Rasa mudah tersinggung
  • Sering buang air kecil
  • Sulit menahan buang air kecil
  • Detak jantung lebih cepat
  • Tremor otot
Jika tubuh sudah terbiasa dengan kafein, biasanya kopi tidak akan menimbulkan masalah kesehatan. Namun, mewaspadai kemungkinan efek samping kafein tetap harus dilakukan dan mengurangi asupannya jika disarankan apabila perlu.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Jangan Sampai Kebanyakan, Segini Batas Minum Kopi dalam Sehari"