03 October 2024

Ini Kata Pakar Terkait Susu Tertentu Bisa Bersihkan Paru-paru

Ilustrasi (Foto: Getty Images/iStockphoto/sittithat tangwitthayaphum)

Kerap beredar anggapan terkait merek susu tertentu yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit termasuk membersihkan paru-paru. Susu yang dimaksud adalah produk susu sapi steril dalam kemasan kaleng.

Susu yang dimaksud juga sempat dirumorkan bisa mengatasi gejala COVID-19. Lantas, bagaimana faktanya?

Spesialis penyakit paru dari Mayapada Hospital Jakarta Selatan, dr Naindra Kemala Dewi, SpP, menegaskan susu apapun, termasuk juga susu kambing, atau bahkan bahan alami seperti madu untuk membersihkan paru-paru adalah hoaks.

Menurutnya, susu hingga madu tersebut bertujuan untuk meningkatkan daya imun atau pertahanan tubuh seseorang, bukan untuk membersihkan paru.

"Itu sih lebih ke mekanisme peningkatan resistin imunnya, bukan bekerja untuk mencuci parunya," ucapnya kepada detikcom, Jumat (27/9/2024).

dr Naindra mengatakan dalam dunia kedokteran, memang ada teknik untuk membersihkan paru-paru. Namun metode tersebut hanya diperuntukkan bagi pasien yang sudah dalam kondisi berat. Misalnya pasien tersebut tidak bisa bernapas alami sehingga memerlukan bantuan alat napas maupun ventilator.

"Juga sudah terjadi gangguan dari kesadaran, sehingga mengganggu proses refleks dari kemampuan batuk, mengeluarkan dahak. Sehingga terjadi kondisi penumpukan dahak. Nah di situ kita melakukan tindakan namanya secara medis itu bronchial toilet atau bronchoscopy untuk membersihkan semua lendir-lendir yang menumpuk di saluran pernapasan," imbuhnya.

"Ya itu yang orang awam bilang cuci paru gitu. Padahal itu tindakan advance, tindakan invasif yang di ujung, yang terakhir banget yang kita lakukan pada kondisi berat," tuturnya lagi.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Benarkah Susu Tertentu Bisa Membersihkan Paru-paru? Dokter Buka Suara"