04 October 2024

Ini Penjelasan Dokter Terkait Pembersihan Paru-paru

Ilustrasi (Foto: Getty Images/iStockphoto/Natali_Mis)

Tak sedikit klaim atau anggapan yang beredar di masyarakat terkait cara membersihkan paru-paru dengan bahan alami. Mulai dari mengonsumsi susu tertentu hingga madu.

Konon semua klaim tersebut bisa membuat paru-paru yang 'kotor' bisa bersih kembali dan terhindar dari penyakit berbahaya.

Spesialis penyakit paru dari Mayapada Hospital Jakarta Selatan, dr Naindra Kemala Dewi, SpP, mengatakan metode membersihkan paru-paru dalam dunia kedokteran memang ada. Namun bukan menggunakan bahan alami, seperti konsumsi susu maupun madu.

Menurutnya, teknik membersihkan paru-paru ini diperuntukkan bagi pasien yang sudah dalam kondisi berat. Misalnya, pasien tersebut tidak bisa bernapas alami, sehingga membutuhkan bantuan alat napas maupun ventilator.

"Namanya secara medis itu bronchial toilet atau bronchoscopy untuk membersihkan semua lendir-lendir yang menumpuk di saluran pernapasan," katanya kepada detikcom, Jumat (27/9/2024).

"Ya itu orang awam bilang cuci paru gitu. Padahal itu tindakan advance, tindakan invasif yang di ujung, yang terakhir banget yang kita lakukan pada kondisi berat," lanjutnya lagi.

Menurutnya, bahan alami seperti madu hingga susu bertujuan untuk meningkatkan daya imun atau pertahan tubuh seseorang, bukan untuk membersihkan paru-paru.

"Itu lebih ke mekanisme peningkatan resistin imunnya, bukan bekerja untuk mencuci parunya," lanjutnya lagi.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Bisakah 'Membersihkan' Paru-paru dengan Susu dan Madu? Begini Penjelasan Dokter"