07 October 2024

Liga Italia: Fiorentina Vs AC Milan, La Viola Menang 2-1

Foto: NurPhoto via Getty Images/NurPhoto

Fiorentina mengalahkan AC Milan 2-1 pada pekan ketujuh Serie A musim ini. David de Gea tampil gemilang dengan menepis dua penalti Rossoneri.

Bermain di Artemio Franchi, Senin (7/10/2024) dinihari WIB, Fiorentina memimpin di menit ke-35 lewat gol Yacine Adli, namun Christian Pulisic menyamakan kedudukan di menit ke-60. Albert Gudmundsson mencetak gol kemenangan di menit ke-73.

Dengan hasil ini, Milan turun ke urutan enam dengan 11 poin. Sementara Fiorentina ada di peringkat 11 dengan 10 poin.

Jalannya pertandingan

Tuan rumah mendapat penalti di menit ke-22 usai Theo Hernandez dinyatakan melanggar Dodo dalam perebutan bola di dalam box Rossoneri. Moise Kean maju sebagai penendang, namun arah tembakannya mudah dibaca Mike Maignan yang berhasil menangkapnya.

Gol Fiorentina akhirnya hadir di menit ke-35. Yacine Adli, yang dipinjam dari Milan pada awal musim ini, sukses menjebol klub induknya sendiri. Usai menerima lemparan ke dalam dari Robin Gosens, ia menggiring bola masuk ke kotak penalti Milan kemudian melepaskan tembakan ke sudut kanan gawang, menaklukkan Maignan.

Milan giliran mendapat penalti pada injury time babak pertama usai Luca Ranieri melanggar Tijjani Reijnders yang berdiri berbas di kotak terlarang. Hernandez maju sebagai penendang, tapi tembakannya ditepis oleh David de Gea. Skor 1-0 bertahan hingga jeda.

Pada babak kedua, Milan kembali mendapat penalti di menit ke-56, kali ini disebabkan Kean yang menendang Matteo Gabbia dalam perebutan bola. Tammy Abraham gantian menjadi eksekutor, namun tembakannya juga berhasil ditepis De Gea.

1-1! Milan akhirnya mencetak gol dari open play di menit ke-60. Christian Pulisic menuntaskan crossing Hernandez dari sisi kiri dengan tembakan voli ke sudut kiri gawang Fiorentina tanpa mampu dihalau De Gea.

Namun Fiorentina kembali memimpin di menit ke-73. Moise Kean meneruskan long ball De Gea kepada Albert Gudmundsson yang kemudian melepaskan tembakan keras ke sudut kanan gawang. Maignan berusaha terbang untuk menghalaunya, namun gagal.

Situasi menjadi panas menjelang akhir laga. Pelatih Fiorentina Raffaele Palladino diusir wasit pada menit ke-85 akibat protes berlebihan pada wasit. Samuel Chukwueze hampir menyamakan skor semenit kemudian, tetapi tembakannya ditepis De Gea.

Tak ada lagi gol yang tercipta. Skor 2-1 bertahan hingga usai.

Susunan pemain

Fiorentina: David de Gea, Dodô, Pietro Comuzzo, Luca Ranieri, Robin Gosens, Edoardo Bove, Danilo Cataldi (Amir Richardson 67'), Andrea Colpani (Michael Kayode 90+2'), Yacine Adli (Christian Kouame 77'), Albert Gudmundsson (Cristiano Biraghi 77'), Moise Kean.

AC Milan: Mike Maignan, Theo Hernández, Matteo Gabbia, Fikayo Tomori, Emerson Royal, Youssouf Fofana, Tijjani Reijnders, Rafael Leão (Noah Okafor 73'), Álvaro Morata, Christian Pulisic (Samuel Chukwueze 82'), Tammy Abraham.


























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Fiorentina Vs Milan: De Gea Tepis Dua Penalti, La Viola Menang 2-1"