01 October 2024

Menkes Budi Gunadi Ikut Berlin Marathon Hingga Finish 42 Km

Menkes Budi Gunadi menyelesaikan Berlin Marathon 2024 bersama sang istri. (Foto: IG @bgsadikin)

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin berhasil finish di ajang marathon pertamanya di Berlin Marathon 2024 pada Minggu (29/9). Melalui akun media sosial Instagram-nya nampak ia menyelesaikan full marathon sejauh 42,2 km bersama sang istri Ida Rachmawati.

Menkes Budi dalam caption postingan itu mengaku tidak menyangka akhirnya bisa menyelesaikan marathon pertamanya. Ia berencana akan terus melanjutkan ambisinya untuk menyelesaikan seluruh ajang World Major Marathon.

"Ini adalah Virgin Full Marathon saya. Dan saya akan terus berambisi untuk keliling dunia, menuntaskan 6 Major Martahon sampai tahun 2025 nanti," kata Menkes Budi dikutip dari postingan Instagram-nya, Senin (30/9/2024).

Persiapan yang dilakukan oleh Menkes Budi tidak main-main. Ia sudah mulai latihan beberapa bulan sebelum Berlin Marathon 2024 dimulai.

Ia bersama sang istri selalu menyempatkan waktu untuk latihan lari 4-5 kali seminggu di tengah kesibukan yang padat. Menu latihan dijalani oleh Menkes Budi meliputi strength training, long run, hingga recovery run.

Menkes Budi berharap apa yang ia lakukan bisa menjadi inspirasi bagi banyak orang. Ketika usianya sudah tidak lagi muda, dirinya tetap berusaha aktif untuk olahraga, bahkan menyelesaikan ajang full marathon.

"Pesan saya kepada masyarakat. Saya yang sudah terkategori lansia saja, bisa lari 42 kilometer loh. Serasa dari Jakarta Ke Bogor menggunakan kaki saja," kata Menkes Budi.

"Saya usia 60 tahun loh. Ternyata, bisa lari 42 km dari Jakarta ke Bogor masa kalian masih mageran di kasur jam segini!?" sambungnya sambil bercanda.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Menkes BGS Berhasil Finish 42 Km Berlin Marathon 2024 di Usia 60!"