05 October 2024

Muncul Tren Infus Vitamin di Kalangan Remaja Korsel untuk Atasi Kelelahan

Foto: shutterstock

Muncul sebuah tren di kalangan pemuda Korea Selatan menggunakan infus intravena untuk mengatasi kelelahan bekerja. Meski hingga kini cara tersebut belum terbukti secara ilmiah, mereka tetap menggunakannya sebagai cara untuk memulihkan energi.

Tidak hanya di Korea Selatan saja, tren ini rupanya juga muncul di kalangan anak muda China yang mengalami kelelahan akibat bekerja.

Infus tersebut dikenal sebagai Intravenous Nutrient Therapy (IVNT) atau terapi nutrisi intravena. Infus ini biasanya terdiri dari campuran vitamin cair dan garam yang disuntikkan ke dalam tubuh.

Awalnya, obat tersebut digunakan sebagai terapi kanker, kesehatan sendi, hingga terapi pertumbuhan. IVNT akhirnya juga berkembang menjadi pengobatan estetika untuk industri kecantikan.

Salah satu klinik kecantikan bernama Tox & Fill di Seoul mematok harga 25 ribu - 60 ribu Won (Rp 287 ribu - Rp 690 ribu) untuk satu kali sesi yang berlangsung selama 40 menit.

Selain itu, sebuah klinik lain di Seoul juga menawarkan berbagai cairan infus dengan kombinasi nutrisi yang berbeda. Jenis kandungan infus yang ditawarkan meliputi antioksidan seperti vitamin C, vitamin B1, hingga komponen plasenta termasuk asam amino.

Manfaatnya beragam ada yang untuk mengembalikan tenaga, memperlambat penuaan, meredakan insomnia, hingga mengembalikan elastisitas kulit.

Salah seorang pekerja berusia 30-an di Korsel bernama Kim Jong-wan mengaku metode ini bisa menjadi sebuah cara instan untuk mendapatkan energinya kembali. Terlebih tekanan sosial untuk menjadi sukses banyak dirasakan oleh anak muda di Korsel.

"Kami lebih suka solusi yang memberikan hasil cepat. Banyak pekerja kantoran yang berada di bawah tekanan berat bergantung pada infus nutrisi," beber Kim dikutip dari SCMP, Kamis (3/10/2024).

Hal serupa juga dirasakan oleh mahasiswa asal China bernama Shen Hui yang kini sedang kuliah di Korsel. Ia mengatakan persaingan berat telah meningkat di antara teman-temannya.

Ketika sedang mengerjakan tugas berat, ia akan pergi ke klinik untuk mendapatkan infus 'bawang putih'. Infus tersebut berasal dari vitamin B1 yang dapat meredakan kelelahan, terutama bagi orang yang memiliki masalah insomnia.

"Infus ini tidak menimbulkan rasa sakit. Dokter merekomendasikan infus 'bawang putih' untuk orang-orang seperti saya yang begadang karena dapat membantu meredakan kelelahan," ujarnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Muncul Tren Infus Vitamin di Korsel, Jadi 'Doping' Biar Tak Lelah Bekerja"