02 October 2024

Nenek Asal India Ini Idap Kondisi Langka, Miliki 2 Kantong Empedu

Ilustrasi operasi. (Foto: Getty Images/shapecharge)

Seorang wanita berusia 60 tahun di New Delhi, India, mengidap penyakit langka yang membuat dirinya memiliki dua kantong empedu. Kondisi ini baru diketahuinya saat ia mengalami gejala nyeri luar biasa di perut selama beberapa bulan.

Wanita yang tak disebutkan namanya itu lantas memutuskan untuk pergi ke rumah sakit sampai akhirnya dokter menemukan batu empedu berukuran 4 cm. Tidak hanya itu saja, dokter juga menemukan bahwa wanita tersebut memiliki dua kantong empedu yang masing-masing sudah berkembang sepenuhnya.

Keduanya memiliki saluran duktus sistikusnya masing-masing ke saluran empedu yang sama. Kondisi ini terbilang sangat langka dan hanya dialami oleh satu dari 34 ribu orang di dunia.

Empedu duplex merupakan kondisi yang tidak sepenuhnya dipahami, namun biasanya terkait dengan kelainan perkembangan embrionik selama masa pertumbuhan janin.

"Setelah dievaluasi, kondisi pasien dipastikan sebagai empedu dupleks. Ini merupakan anomali kongenital paling langka dalam sistem empedu yang dialami kurang dari 1 dari 34 ribu orang," kata ahli transplantasi dan bedah PSRI Hospital India Dr Bhushan Bhole dikutip dari New Indian Express, Senin (30/9/2024).

Bhole menjelaskan kondisi langka ini terjadi ketika seseorang memiliki dua kantong empedu terpisah yang masing-masing berfungsi secara independen. Meski begitu, kedua kantong empedu tetap berbagi sistem drainase empedu yang sama.

Menurut dokter yang melakukan pemeriksaan, ukuran batu yang menyumbat dan kelangkaan struktur anatomi membuat kasus tersebut rumit. Pembedahan yang cermat diperlukan untuk mengembalikan kondisi pasien tersebut.

Pasien tersebut sebelumnya sempat ditawari operasi pembedahan dan dengan endoskopi di rumah sakit sebelumnya. Namun, ia merasa ragu dengan prosedur tersebut karena khawatir akan operasi terbuka.

Oleh karena itu, operasi minimal invasif dengan laparoskopi dilakukan pada pasien tersebut. Operasi akhirnya selesai dan pasien sudah bisa kembali ke rumah usai kondisinya stabil.

"Pasien mengalami pemulihan yang lancar pasca operasi. Ia dipantau selama 48 jam di rumah sakit, setelah itu ia dipulangkan dalam kondisi stabil," tandasnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kisah Nenek di India Idap Kondisi Langka, Punya 2 Kantong Empedu"