05 October 2024

Timnas Italia Panggil Maldini untuk Hadapi Belgia

Daniel Maldini. Foto: NurPhoto via Getty Images/NurPhoto

Pelatih Italia Luciano Spalletti memanggil Daniel Maldini ke dalam skuad yang akan dipersiapkan menghadapi Belgia dan Israel dalam lanjutan UEFA Nations League bulan ini. Penyerang Monza tersebut berpotensi menciptakan sejarah baru.

Maldini menjadi salah satu penyerang yang dipanggil selain Giacomo Raspadori, Moise Kena, dan Mateo Retegui. Meski Monza sedang terpuruk di dasar klasemen Serie A, namun performa pemain 22 tahun tersebut mampu mencuri perhatian Spalletti.

Eks pemain AC Milan itu menjadi generasi Maldini ketiga yang dipanggil Gli Azzurri. Kakeknya, mendiang Cesare Maldini merupakan anggota Timnas Italia di Piala Dunia 1962 lalu menjadi pelatih di Piala Dunia 1998.

Ayahnya, Paolo Maldini, memiliki 126 caps dan tampil di tujuh turnamen mayor dengan capaian terbaik meraih medali perak Piala Dunia 1994 dan Euro 2000. Jika Daniel diberi debut, maka itu akan menjadi kali pertama tiga generasi dalam satu keluarga bermain untuk Italia.

Selain Maldini, sorotan lainnya yakni kiper Juventus, Michele Di Gregorio. Perannya membantu Bianconeri belum kebobolan di Serie A membuatnya diikutsertakan oleh Spalletti. Demikian halnya dengan Matteo Gabbia yang tampil mengesankan bersama Milan belakangan ini.

Gelandang muda AS Roma, Niccolo Pisilli juga diberi kesempatan oleh Spalletti. Caleb Okoli menjadi nama lain yang belum memiliki dalam skuad Italia untuk bulan ini.

Italia akan menjamu Belgia di Roma pada 11 Oktober pukul 01.45 WIB, disusul menghadapi Israel di Udine empat hari kemudian. Gli Azzurri sedang berada di puncak klasemen Grup A2 dengan enam poin usai menekuk Prancis 3-1 dan Israel 2-1 bulan lalu.

Skuad Italia

Kiper: Gianluigi Donnarumma (Paris Saint-Germain), Guglielmo Vicario (Tottenham Hotspur), Michele Di Gregorio (Juventus).

Bek: Alessandro Bastoni (Inter Milan), Alessandro Buongiorno (Napoli), Riccardo Calafiori (Arsenal), Matteo Gabbia (AC Milan), Caleb Okoli (Leicester City), Andrea Cambiaso (Juventus), Raoul Bellanova (Atalanta), Federico Dimarco (Inter Milan), Giovanni Di Lorenzo (Napoli), Destiny Udogie (Tottenham Hotspur).

Gelandang: Sandro Tonali (Newcastle United), Samuele Ricci (Torino), Nicolo Fagioli (Juventus), Davide Frattesi (Inter Milan), Lorenzo Pellergini (AS Roma), Niccolo Pisilli (AS Roma).

Penyerang: Mateo Retegui (Atalanta), Giacomo Raspadori (Napoli), Moise Kean (Fiorentina), Daniel Maldini (Monza).



























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Sejarah! Italia Panggil Maldini untuk Hadapi Belgia"