01 October 2024

Tips Mudah Turunkan Kolesterol dengan Alami

Foto: Getty Images/iStockphoto/tumsasedgars

Kadar kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko munculnya penyakit jantung, stroke, dan komplikasi kesehatan lain. Hal ini membuat seseorang wajib untuk menjaga agar kadar kolesterol tetap stabil dan tidak melebihi batas normal.

Dikutip dari Times of India, kolesterol adalah senyawa lemak yang ada di dalam darah. Kolesterol terdiri atas dua jenis, yaitu kolesterol LDL (low-density lipoprotein) dan HDL (high-density lipoprotein).

LDL sering disebut dengan 'kolesterol jahat', sehingga seseorang wajib menjaga kadarnya di dalam tubuh jika tidak ingin terjadi penyumbatan atau pengerasan pada pembuluh darah. Untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh, kita harus mengikuti gaya hidup tertentu dan menerapkan kebiasaan yang menyehatkan jantung.

Berikut adalah 4 kebiasaan yang bisa menurunkan kadar 'kolesterol jahat' di dalam tubuh.

1. Mengonsumsi Biji Chia
Biji chia kaya akan asam lemak omega-3, serat, dan antioksidan. Biji chia yang dicampur dengan air dan rutin dikonsumsi setiap pagi dapat membantu mengurangi kadar LDL.

Serat larut dalam biji chia menyerap air, mengubahnya menjadi zat seperti gel yang membantu mengurangi penyerapan kolesterol dalam aliran darah. Rendam satu sendok makan biji chia dalam air semalaman dan minumlah di pagi hari.

2. Konsumsi Gandum
Biji-bijian seperti gandum dapat membantu seseorang menurunkan kadar kolesterol LDL. Gandum juga mengandung beta glucan yang mampu menjaga kadar kolesterol LDL di batas aman.

3. Perbanyak Serat
Makanan yang mengandung serat akan membantu merasa lebih kenyang. Tak cuma itu, serat juga bisa menurunkan kadar kolesterol.

Makanan yang kaya serat larut, seperti buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan, dan polong-polongan, mengikat kolesterol dan membuangnya dari tubuh sebelum dapat menimbulkan kerusakan. Menyertakan makanan kaya serat dalam setiap makanan tidak hanya meningkatkan pencernaan tetapi juga membantu menjaga kolesterol tetap terkendali.

4. Tetap Aktif
Berolahraga setiap hari dapat membantu kita mengurangi kolesterol LDL dan meningkatkan kolesterol HDL. Tidak perlu melakukan olahraga berat, cukup berjalan kaki, bersepeda, atau bahkan melakukan pekerjaan rumah tangga sehari-hari dapat membantu mempertahankan gaya hidup aktif.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "4 Cara Simpel Turunkan Kolesterol Secara Alami, Bisa Dilakukan di Rumah"