13 May 2024

Benarkah Daging Merah dan Gula Bisa Picu Kanker Kandung Kemih? Ini Kata Pakar

Daging merah memicu kanker kandung kemih? (Foto: Getty Images/omersukrugoksu)

Kanker kandung kemih terjadi ketika sel-sel di kandung kemih mulai tumbuh tanpa kendali. Di kalangan awam, banyak yang mengaitkannya dengan konsumsi makanan dan minuman tertentu seperti daging merah. Benarkah memperparah kanker?

Dokter Penyakit Dalam Konsultan Hematologi-Onkologi Medik, Dr dr Andhika Rachman, SpPD-KHOM, menyanggah hal tersebut. Menurutnya, anggapan tersebut tidak lebih dari sekadar mitos.

"Sebenarnya tidak ada ya," ungkap dr Andhika pada tim detikcom saat ditemui di Jakarta Pusat, Sabtu (11/5/2024).

"Minuman manis juga tidak, tapi mungkin dari zat yang terkandung dari minuman tersebut yang bisa memicu penyakit itu (kanker kandung kemih). Seperti kandungan arsenik dalam kadar tertentu," terangnya.

Paparan zat arsenik dalam kadar yang tinggi, tentunya dapat menyebabkan keracunan dan menimbulkan gangguan kesehatan.

"Biasanya zat arsenik ini muncul pada orang yang mencuci keris atau pada mereka yang kerja di pabrik untuk membuat racun tikus dan semacamnya," jelas dr Andhika.

Menurutnya, masih banyak mitos seputar kanker yang tersebar di masyarakat. Salah satunya mitos tentang makanan yang dapat menyebabkan kanker dan memperburuk gejalanya. Meski terlalu banyak mengonsumsi minuman manis memang berdampak buruk bagi kesehatan karena memicu obesitas, kaitannya dengan kanker tidak didasari bukti ilmiah.

"Orang dulu tuh suka mengatakan bahwa gula dan daging merah menjadi penyebab kanker. Sebenarnya nggak. Jadi itu semua mitos. Terkecuali daging merah, pada mereka yang terkena kanker usus itu (dapat menjadi penyebabnya). Namun pada kanker lainnya, tidak.

Hal serupa juga berlaku pada makanan pedas. Alih-alih memicu kanker, makanan pedas menurut dr Andhika sebenarnya justru mengandung vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan.

"Bagus justru," tutupnya.

Tapi tetap hati-hati buat yang lambungnya nggak kuat ya!


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Daging Merah dan Gula Memicu Kanker Kandung Kemih? Dokter Pastikan Cuma Mitos"