07 June 2024

Khasiat Minum Kopi Hitam tanpa Gula untuk Kesehatan

Foto: Ilustrasi iStock

Kopi jadi minuman favorit bagi banyak orang. Dari berbagai pilihan yang ada, sebagian orang lebih menyukai kopi hitam tanpa gula. Dan ternyata kopi pahit memiliki banyak manfaat untuk kesehatan lho.

Khasiat kopi pahit antara lain aman diteguk oleh pengidap diabetes, karena tidak ditambahkan gula ataupun susu. Selain itu, kopi pahit juga disebut bisa menurunkan risiko terkena sejumlah penyakit dan bagus untuk diet. Benarkah demikian? Simak penjelasannya di bawah ini.

Khasiat Kopi Pahit untuk Kesehatan

Dilansir Healthline, kopi pahit alias kopi hitam tanpa gula punya sejumlah manfaat untuk kesehatan. Berikut beberapa di antaranya:

1. Mengurangi Risiko Diabetes Tipe 2
Selain aman dikonsumsi pengidap diabetes, kopi pahit dapat menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2.

Studi menemukan kandungan kopi mampu menaikkan fungsi sel beta di pankreas yang berperan dalam produksi insulin untuk mengatur kadar gula darah.

2. Melindungi Fungsi Otak
Otak mengalami penurunan fungsi seiring bertambahnya usia. Dan ini bisa memicu penyakit alzheimer dan demensia pada lansia. Namun, penyakit ini dapat dicegah dengan minum kopi lho.

Penelitian menunjukkan orang yang rutin minum kafein berisiko lebih rendah terkena demensia dan alzheimer. Di sisi lain, kafein juga bisa memperlambat perkembangan penyakit demensia dari waktu ke waktu.

3. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung
Menurut beberapa studi, minum kopi dapat mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, dan gagal jantung.

Akan tetapi, kafein bisa mempengaruhi tekanan darah. Jadi, orang dengan tekanan darah tidak stabil perlu membatasi asupan kopinya.

4. Bantu Membakar Lemak
Kopi berkhasiat untuk menurunkan berat badan bukan lagi mitos. Studi menyimpulkan konsumsi kopi dikaitkan dengan penurunan lemak tubuh pada pria dan wanita.

Minuman ini juga dapat mengubah penyimpanan lemak dan mendukung kesehatan usus. Keduanya bermanfaat dalam mengelola berat badan ideal.

5. Mengurangi Stres
Minum kopi dapat menurunkan tingkat stres. Hal ini karena kafein di kopi merangsang produksi hormon serotonin, dopamin, dan non adrenalin dalam tubuh yang berperan dalam mengurangi stres berlebih.

Menurut beberapa penelitian juga, minum kopi setiap harinya dikaitkan dengan risiko terkena depresi yang lebih rendah.

6. Menurunkan Risiko Kanker
Beberapa studi menemukan minum kopi dapat mencegah terserang jenis kanker tertentu, seperti kanker hati, kanker endometrium, dan kanker kolorektal.

Namun diperlukan banyak penelitian untuk mengetahui lebih lanjut manfaat kopi satu ini.

7. Menjaga Kesehatan Hati
Kopi dapat mendukung kesehatan hati dan melindungi dari penyakit. Penelitian menunjukkan kopi bisa menurunkan kekakuan hati yang memicu fibrosis. Selain itu, minum kopi juga dikaitkan dengan rendahnya tingkat jaringan parut di hati pada pengidap penyakit liver.

8. Meningkatkan Konsentrasi
Banyak orang menyeruput kopi agar dapat lebih fokus dan ini benar. Kafein dalam kopi bertanggung jawab dalam menambah konsentrasi. Hal ini karena kafein meningkatkan produksi tiga hormon seperti yang dijelaskan sebelumnya, sehingga membuat seseorang lebih fokus.

9. Mengurangi Rasa Lelah
Kafein di kopi dikenal juga dengan kemampuannya dalam melawan kelelahan dan menambah energi. Hal ini karena kafein menghambat adenosin dan meningkatkan kadar neurotransmitter di otak yang berperan untuk mengatur tingkat energi.

10. Meningkatkan Performa saat Olahraga
Bagi yang senang berolahraga di pagi hari, meneguk kopi sebelum olahraga sangat bermanfaat karena bisa meningkatkan performa fisik dan efektivitas.

Ini karena kopi dapat menaikkan kadar epinefrin darah yang dapat mempersiapkan tubuh untuk melakukan aktivitas intens.

11. Bisa Bikin Umur Panjang
Khasiat kopi pahit lainnya yaitu dapat bantu memperpanjang umur. Hal ini telah dibuktikan oleh beberapa penelitian. Di antaranya studi terhadap 1.567 orang yang menemukan kopi berkafein bisa menurunkan risiko kematian akibat penyakit kanker setelah 12-18 tahun ke depan.

Di sisi lain, antioksidan dalam kopi juga melindungi tubuh dari radikal bebas dan kerusakan DNA. Dengan begitu membuat seseorang yang rutin minum kopi jadi lebih awet muda.

Nah, itu tadi sederet manfaat kopi pahit untuk kesehatan. Jadi, kamu tertarik beralih untuk minum kopi hitam tanpa gula nggak, nih?


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "11 Khasiat Kopi Hitam Tanpa Gula untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui"