07 June 2024

Mitos atau Fakta, Tidur dengan Bra Bisa Picu Kanker Payudara?

Ilustrasi tidur. (Foto: Getty Images/iStockphoto/MARIOS07)

Tak sedikit wanita yang bertanya-tanya soal kebiasaan tidur menggunakan bra dapat menjadi salah satu pemicu kanker payudara. Mitos atau fakta?

Spesialis bedah onkologi Siloam Hospital dr Michael, SpB(K) Onk menjelaskan sampai saat ini tidak pernah ada penelitian atau literatur yang mengaitkan penyakit kanker payudara dengan kebiasaan tidur mengenakan bra. Menurutnya, kebenaran terkait hal tersebut harus diuji terlebih dahulu agar tidak membuat masyarakat khawatir.

"Kalau dari saya sih saya belum pernah baca sama sekali ya ada literatur yang bilang menghubungkan dari pemakaian bra gitu, ya jangka panjang itu dapat menyebabkan kanker payudara itu belum pernah. Jadi saya kurang sependapat," kata dr Michael ketika ditemui detikcom di Jakarta Pusat, Selasa (4/6/2024).

Di sisi lain, dr Michael mengingatkan masyarakat soal pentingnya skirining kanker payudara. Menurutnya, kanker jenis ini menjadi salah satu yang paling mematikan di Indonesia. Banyak pasien kanker di Indonesia terlambat menyadari adanya kanker di dalam tubuh mereka.

Kondisi tersebut dapat mempersulit proses pengobatan hingga bisa meningkatkan risiko kematian pada pasien kanker.

"Apabila ditangani pada stadium awal atau lanjut itu tentu hasilnya akan jauh berbeda ya. Yang penting itu sebetulnya skrining mencari kelainan pada yang belum ada keluhan, jadi mulai usia 40 tahun itu sebaiknya dilakukan pemeriksaan berkala," jelas dr Michael.

"Bisa misalnya mammografi setiap setahun sekali, seperti itu. Kalau misalkan tidak bisa skrining, sebaiknya kalau ada keluhan segera dikonsultasikan ke tenaga medis yang terlatih," tandasnya.

Hingga saat ini belum ada penyebab kanker payudara secara pasti. Namun, penyakit ini diyakini dipicu oleh penerapan gaya hidup yang kurang baik bisa menjadi salah satu faktor risikonya.

Beberapa kebiasaan yang dapat meningkatkan risiko kanker meliputi merokok, obesitas, kurang aktivitas fisik, hingga mengonsumsi makanan yang bersifat karsinogenik.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Tidur Pakai Bra Bisa Picu Kanker Payudara, Mitos Atau Fakta? Begini Kata Dokter"