15 July 2024

Ini Perbedaan Gizi Putih Telur dan Kuning Telur

Ilustrasi telur. (Foto: Getty Images/iStockphoto/svehlik)

Telur merupakan salah satu bahan makanan yang populer karena dan kelezatan dan manfaatnya bagi kesehatan. Telur dianggap sebagai salah satu sumber nutrisi penting seperti protein, vitamin, mineral, hingga lemak sehat.

Telur terdiri dari dua bagian yaitu putih dan kuning telur. Sebenarnya bagaimana perbedaan kandungan gizi dari kedua bagian penting telur ini? Berikut ini penjelasannya dikutip dari Times of India:

Putih Telur

Putih telur memiliki kandungan kalori dan lemak yang lebih rendah. Satu telur putih hanya mengandung sekitar 17 kalori dan 0,2 gram lemak. Putih telur cocok dikonsumsi oleh orang yang sedang memperhatikan asupan kalori dan lemak.

Walaupun rendah lemak dan kalori, putih telur bisa menjadi sumber protein yang berkualitas baik. Putih telur mengandung semua asam amino esensial yang diperlukan untuk perbaikan dan pertumbuhan otot. Satu putih telur mengandung sekitar 11 gram protein.

Putih telur tidak mengandung kolesterol, namun cenderung lebih rendah nutrisinya dibandingkan dengan kuning telur. Putih telur tidak mengandung kolesterol sehingga lebih aman bagi orang-orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi atau faktor risiko penyakit jantung.

Putih telur mengandung potasium yang dapat membantu menurunkan dan menjaga tekanan darah. Vitamin riboflavin yang ada di dalamnya dapat membantu mencegah katarak hingga migrain atau sakit kepala sebelah.

Kuning Telur

Kuning telur mengandung sekitar 55 kalori dan mengandung berbagai zat gizi. Nutrisi yang dimaksud termasuk vitamin (A, D, E, K, B), mineral (zat besi, fosfor, seng), dan lemak sehat seperti asam lemak omega-3.

Kuning telur juga dapat menjadi sumber kolin yang baik untuk tubuh. Kolin berguna untuk menjaga kesehatan otak, fungsi hati, dan metabolisme tubuh. Satu buah kuning telur dapat menyediakan 147 miligram kolin.

Kuning telur dikenal dengan kandungan lemak sehatnya. Kuning telur mengandung lemak tak jenuh tunggal dan ganda yang bermanfaat untuk kesehatan jantung jika dikonsumsi dalam jumlah sedang. Dalam satu butir telur ada sekitar 27 gram lemak.

Kuning telur mengandung zat besi, kolesterol, serta karotenoid yang baik untuk meningkatkan kesehatan penglihatan. Karotenoid berperan sebagai antioksidan untuk melindungi mata dari radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan pada retina.

Kuning dan putih telur memang memiliki kandungan gizi yang berbeda. Jika hanya ingin mengonsumsi satu bagian saja, sesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi tubuh.

Secara umum, kedua bagian telur ini sama-sama baik untuk tubuh. Konsumsi dalam jumlah yang tepat dan moderat dapat memberikan manfaat yang maksimal untuk kesehatan tubuh.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Beda Kandungan Gizi Putih dan Kuning Telur, Mau Pilih Mana untuk Sarapan?"