15 July 2024

Rahasia Orang Jepang Agar Panjang Umur dan Hidup Bahagia

Lansia di Jepang (Foto: REUTERS/Issei Kato)

Masyarakat Jepang dikenal memiliki angka harapan hidup yang tinggi. Selain disebabkan faktor gaya hidup yang sehat, masyarakat Negeri Sakura juga diketahui merasakan banyak kebahagiaan dalam hidupnya.

Salah satu pulau di Jepang, Okinawa dikenal memiliki banyak penduduk yang memiliki umur panjang. Selain itu, penduduk Okinawa memiliki lebih sedikit kanker, penyakit jantung, dan demensia jika dibandingkan dengan orang Amerika. Bahkan wanita di Okinawa hidup lebih lama daripada perempuan mana pun di planet ini.

Hector Garcia dan Francesc Miralles melakukan penelitian terkait umur panjang masyarakat Okinawa. Pasangan ini mewawancarai lebih dari 100 orang tertua di Okinawa dan menulis tentang prinsip dan teknik yang dipatuhi oleh para centenarian Jepang setiap hari dalam buku mereka yang berjudul Ikigai: The Japanese Secret to a Long and Happy Life.

Dikutip dari CNBC, berikut adalah beberapa rahasia atau amalan sehari-hari orang Jepang untuk umur panjang dan hidup bahagia.

1. Olahraga dengan Intensitas Rendah Minimal 5 Menit Sehari
Hampir setiap orang yang ditemui Garcia dan Miralles bercerita jika mereka secara rutin melakukan latihan 'radio taiso' yakni senam ala warga Jepang. Latihan ini membutuhkan gerakan intensitas rendah dan dapat diselesaikan dalam lima menit atau kurang.

"Bahkan penghuni panti jompo yang kami kunjungi mendedikasikan setidaknya lima menit setiap hari untuk melakukan latihan tersebut, meskipun beberapa melakukan latihan dari kursi roda mereka," tulis para penulis dalam buku mereka.

2. Menemukan Tujuan dalam Hidup
Di Jepang ada pepatah yang berbunyi, "Hanya dengan tetap aktif akan membuat Anda ingin hidup seratus tahun." Masyarakat Okinawa hidup dengan tujuan, hal ini membuat mereka bisa fokus pada makna hidup yang lebih dalam.

Beberapa hal yang bisa ditiru menurut 'aturan Ikigai' ala orang Jepang adalah hidup tetap aktif, hidup santai, jangan mengisi penuh perut, tersenyum, mencari teman-teman baik, berhubungan kembali dengan alam, bersyukur, dan jangan menyesali masa lalu.

3. Mencapai Keadaan yang 'Mengalir'
Garcia dan Miralles menulis dalam buku mereka bahwa tidak ada resep ajaib untuk menemukan kebahagiaan. Namun, mereka menemukan salah satu unsur utama bahagia adalah menemukan kehidupan yang mengalir.

Mengalir di sini berarti seseorang tidak 'tenggelam' dalam hidupnya. Lalu bagaimana cara untuk bisa mencapai 'aliran' ini?

Pada tahun 2013, Owen Schaffer, seorang peneliti di DePaul University, mendalami konsep ini lebih dalam dan mengemukakan bahwa ada tujuh syarat untuk mencapainya.
  • Mengetahui apa yang harus dilakukan dalam hidup
  • Mengetahui cara melakukannya
  • Mengetahui seberapa baik kinerja Anda
  • Mengetahui ke mana harus pergi
  • Melihat tantangan yang signifikan
  • Memahami keterampilan yang signifikan
  • Bebas dari gangguan


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "3 Rahasia Panjang Umur dan Bahagia Orang Jepang, Apa Saja?"