24 July 2024

Kisah Dokter yang Temukan Hampir 1 Kg Bola Rambut di Perut Wanita

'Bola' rambut nyaris 1 kg ditemukan di perut wanita Ekuador. (Foto: X @HospitalVerdi)

Seorang wanita pergi ke dokter setelah mengalami keluhan kesulitan makan dan minum. Setelah diperiksa, dokter terkejut dengan apa yang mereka temukan di dalam tubuh pasien wanita itu.

Pasien berusia 24 tahun yang tidak disebutkan namanya, mencari pertolongan medis di Rumah Sakit Verdi, Ekuador setelah perutnya membuncit, nyeri, dan berat badannya mulai turun drastis. Pasien tersebut juga sering mengalami muntah-muntah.

Ahli bedah di rumah sakit tersebut lantas melakukan endoskopi untuk melihat apa yang sebenarnya terjadi pada perempuan tersebut. Ketika diperiksa, mereka menemukan bola rambut yang sangat besar dalam tubuhnya.

Tim medis menemukan temuan itu sebagai bezoar atau gumpalan benda yang tidak bisa dicerna perut dengan baik. Ketika mereka mengeluarkan benda tersebut, gumpalan rambut itu memiliki panjang 40 cm dan beratnya hampir 1 kg.

Berdasarkan keterangan ahli bedah, bola rambut itu terbentuk selama dua tahun akibat wanita itu memakan rambutnya sendiri. Rambut telah menyebar ke bagian pertama usus dan menyebabkan masalah kesehatan.

"Itu adalah massa yang memenuhi seluruh rongga lambung dan bahkan dapat diidentifikasi dengan sentuhan dari luar. Dia adalah pasien dengan gangguan psiko-emosional, diagnosis diperoleh melalui video endoskopi dari layanan gastroenterologi," ucap ahli bedah utama Pedro Lovato, dikutip dari Mirror, Senin (22/7//2024).

Operasi pengangkatan bola rambut itu dilakukan selama 45 menit. Juru bicara Rumah Sakit Verdi melalui media sosial mengatakan sumbatan pada bagian pertama usus yang membuat pasien sulit makan dan mengalami penurunan berat badan drastis.

Selain menyelamatkan nyawanya, operasi ini juga mencegah masalah pencernaan lainnya pada pasien tersebut.

Wanita itu didiagnosis mengidap trichophagia atau sindrom Rapunzel, sebuah kelainan yang membuat seseorang memakan rambutnya sendiri. Pada saat ini pasien menjalani perawatan psikiatris.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Dokter Temukan Nyaris 1 Kg 'Bola' Rambut di Perut Wanita, Ini Awal Mulanya"