10 August 2024

Buah Ini Dapat Julukan Terenak di Asia Tenggara

Foto: shutterstock

Durian kerap disebut-sebut sebagai raja buah dari Asia Tenggara. Namun daftar TasteAtlas mengungkap kalau buah terenak di Asia Tenggara bukanlah durian, melainkan buah ini.

Beberapa buah di Asia Tenggara kerap disebut buah tropis. Sebab buah ini tumbuh di negara yang terletak di sepanjang garis khatulistiwa bumi.

Jenis buah ini pun beragam dan unik. Dari segi tampilan, tekstur, hingga rasanya kerap bikin terpana orang Barat. Mereka tak pernah mendengar apalagi melihat buah seperti rambutan, manggis, sawo, hingga kedondong.

Situs kuliner tradisional dunia, TasteAtlas (15/7/2024) lantas mengeluarkan daftar buah terenak di Asia Tenggara. Hasilnya cukup membuat banyak orang terkejut karena bukan ditempati durian di urutan pertama.

Manggis dijuluki sebagai buah terenak di Asia Tenggara. Foto: iStock

Buah terenak di Asia Tenggara versi TasteAtlas rupanya jatuh pada manggis. Buah ini dapat rating 4,5. Disebutkan asalnya dari Kepulauan Sunda yang kini terbagi antara Indonesia, Malaysia, Brunei, dan Timor Timur.

Buah manggis dipuji karena teksturnya lembut, juicy, dan rasanya nikmat dengan sentuhan manis sedikit asam. Manggis dapat dinikmati langsung atau ditambahkan ke smoothies, teh, dessert, dan bahkan es krim.

Urutan kedua daftar ini ditempati oleh rambutan yang populer di Indonesia, Malaysia, dan Singapura. TasteAtlas mendeskripsikan buah ini unik karena ada rambut di permukaannya.

Disusul oleh calamansi, sejenis jeruk asal Filipina di urutan ketiga, Pulasan asal Singapura di urutan keempat, buah naga asal Vietnam di urutan kelima, jeruk purut di urutan keenam, dan durian di urutan ketujuh!

Durian berada di posisi ketujuh daftar buah terenak di Asia Tenggara. Foto: Getty Images/iStockphoto

Durian yang disebut-sebut sebagai raja buah dan salah satu yang paling terkenal dari Asia Tenggara ini mendapat rating 3,6. TasteAtlas mendeskripsikan durian sebagai buah berduri dengan tekstur daging buahnya mirip custard.

Buah durian juga disebut punya aroma tajam, rasanya sedikit manis, dan sangat bernutrisi serta sehat. Penggemarnya tak hanya makan durian dalam bentuk buah, tapi juga diolah seperti jadi durian cake, durian puff, sambal tempoyak, sampai lempok durian!


























Artikel ini telah tayang di food.detik.com dengan judul "Bukan Durian, Ini Buah yang Dapat Predikat Terenak di Asia Tenggara"