05 August 2024

Bumil Sebaiknya Hidari Konsumsi Buah Ini, Berisiko bagi Janin

Ilustrasi ibu hamil. Foto: iStockphoto/Getty Images/Jomkwan

Selama masa kehamilan, ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi, salah satunya adalah buah. Namun, ada sejumlah buah yang menjadi pantangan bagi ibu hamil sehingga lebih baik dihindari.

Buah memang kaya akan nutrisi dan vitamin yang baik untuk tubuh. Namun bagi ibu hamil, tak semua buah bermanfaat untuk kesehatan dirinya dan janin. Justru, ada buah yang berisiko mempengaruhi kesehatan sang ibu dan janinnya.

Lantas, apa saja buah-buahan yang sebaiknya dihindari bagi ibu hamil? Simak pembahasannya dalam artikel ini.

Buah yang Sebaiknya Dihindari bagi Ibu Hamil

Ada sejumlah buah yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil. Dilansir situs Life Cell, berikut sejumlah buah-buahannya:

1. Pepaya Muda
Buah yang pertama adalah pepaya muda. Alasan kenapa pepaya muda dilarang bagi ibu hamil karena mengandung zat lateks yang dapat menggugurkan kandungan. Kandungan tersebut biasanya terdapat pada pepaya yang masih setengah matang.

Meski begitu, pepaya yang sudah matang tetap boleh dikonsumsi ibu hamil karena dapat mengatasi sembelit sekaligus meredakan morning sickness.

2. Nanas Muda
Bagi ibu hamil yang masih memasuki awal kehamilan, sebaiknya hindari mengkonsumsi nanas muda. Hal ini dikarenakan adanya enzim bromelain yang terdapat pada buah tersebut.

Apabila mengkonsumsi nanas muda secara berlebihan, bromelain dapat memicu pendarahan rahim dan menstruasi berat. Selain itu, nanas juga memiliki sifat uterotonik yang dapat memicu kontraksi rahim.

Akan tetapi, nanas yang sudah matang tetap aman dikonsumsi bagi ibu hamil. Sebab, kandungan zat gizi di dalamnya seperti vitamin A, vitamin C, dan serat dapat membantu perkembangan janin.

Sebelum dikonsumsi, pastikan rendam nanas di dalam air garam untuk menghilangkan getahnya. Mengkonsumsi selai nanas juga aman bagi ibu hamil, tapi batasi agar tidak berlebihan karena mengandung kadar gula tinggi.

3. Anggur
Daftar buah selanjutnya adalah anggur. Hal ini karena anggur memiliki rasa asam yang dapat menyebabkan mual ataupun muntah bagi ibu hamil.

Buah anggur juga mengandung resveratrol cukup tinggi. Kandungan tersebut berpotensi beracun bagi ibu hamil yang hormonnya tidak seimbang dan bisa memicu sejumlah komplikasi selama kehamilan.

Ada juga varian buah anggur yang perlu dihindari, yakni anggur hitam. Sebab, mengkonsumsi anggur hitam akan lebih sulit dicerna oleh sistem pencernaan ibu hamil.

4. Stroberi
Sebenarnya stroberi masih aman dikonsumsi bagi ibu hamil. Namun, sebaiknya konsumsi stroberi secara secukupnya, terlebih bagi kamu yang memiliki alergi terhadap buah berwarna merah ini.

Sebab, mengkonsumsi stroberi dalam jumlah banyak dapat memicu gangguan pendarahan bagi ibu hamil. Ada rasa kekhawatiran jika stroberi dapat memperpanjang waktu pendarahan. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengungkapkan hal tersebut.

5. Durian
Durian termasuk ke dalam buah yang dilarang dikonsumsi oleh ibu hamil. Soalnya, durian mengandung senyawa sejenis alkohol yang bisa menyebabkan perut terasa panas.

Selain itu, durian juga mengandung asam arachidonat yang merupakan senyawa perkursor atau senyawa pencetus pembentukan prostaglandin. Senyawa tersebut dapat merangsang kontraksi rahim, sehingga berisiko menyebabkan keguguran pada trimester pertama atau kelainan dini (prematur) pada kehamilan di bawah usia kandungan 36 minggu.

Senyawa itu juga yang dikhawatirkan dapat menaikkan tekanan darah dan membuat ibu hamil berisiko mengalami keguguran.

6. Rambutan
Rambutan merupakan salah satu buah yang banyak digemari masyarakat. Meski mengandung banyak nutrisi dan rasanya enak, namun sebaiknya jangan dikonsumsi oleh ibu hamil.

Sebab, buah rambutan yang terlalu matang biasanya mengandung sedikit alkohol yang tentunya berbahaya bagi ibu hamil dan janin. Lalu, rambutan yang terlalu matang juga mengandung kadar gula tinggi, sehingga berisiko bagi kesehatan ibu hamil dan janinnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "6 Buah yang Sebaiknya Dihindari Ibu Hamil, Berisiko bagi Janin"