25 August 2024

Durian Sebagai Buah Nasional Singapura, Ini Komentar Netizen Indonesia dan Malaysia

Durian diklaim sebagai buah dari Singapura, netizen Indonesia dan Malaysia jadi kebingungan. Yah, namanya juga satu rumpun. Foto: iStock

Durian diklaim sebagai buah nasional Singapura, netizen Indonesia dan Malaysia jadi kebingungan. Pernyataan ini disampaikan oleh akun Facebook Asean Skyline dengan sebuah infografis buah-buahan tropis asal ASEAN. Asean Skyline merupakan content creator yang berfokus pada topik seputar negara Asia Tenggara.

Dalam infografis yang diunggah pada Sabtu (17/8) lalu itu durian dan pepaya disebutkan sebagai buah nasional Malaysia. Durian dinyatakan sebagai buah nasional Indonesia dan Singapura. Sementara buah lain seperti buah naga adalah buah nasional Vietnam, mangga buah nasional Filipina, manggis buah nasional Thailand, mentimun buah nasional Myanmar, dan pisang buah nasional Kamboja.

Kini, unggahan infografis tersebut sudah dihapus. Akan tetapi, perdebatan kadung terjadi di antara netizen, khususnya dari Indonesia dan Malaysia. Kebanyakan dari mereka bingung mengapa durian bisa menjadi buah nasional di tengah lanskap kota di Singapura yang padat penuh gedung, apartemen dan pemukiman.

Salah satu akun gosip Indonesia, menampilkan infografis tersebut. Komentar pun berdatangan dari warganet. Mereka mempertanyakan hal tersebut.

"Di mana Singapura menanam durian mereka?" tanya warganet.

"Singapura pasti menanam durian di bawah air," sinis yang lain.

"Emang durian itu cuma bisa tumbuh di Indonesia ya? Serius nanya," ujar roniiizzzz.

"Keknya yang bener dari Malaysia deh, soalnya di sana ada hantu durian di film movienya upin ipin," pendapat netter.

Jadi begini, detikers. Durian (Durio zibethinus) adalah tanaman yang ditanam di banyak negara Asia Tenggara. Melansir Science Direct, daerah penyebaran durian meliputi Semenanjung Malaya, Indonesia, dan Pulau Kalimantan. Tapi, durian juga bisa tumbuh di Filipina hingga Thailand.

Durian merupakan pohon buah tropis dalam ordo Malvales, famili Bombacaceae. Terdapat 51 genus dalam famili ini. Genus Durio memiliki sekitar 28 spesies. Spesies yang paling umum dan bernilai ekonomis adalah Durio zibethinus Murr.

Nama umum 'durian' berasal dari kata 'duri'. Nama spesies 'zibethinus' berasal dari kata Italia 'zibetto' yang berarti aroma kuat.

Sekarang, sudahi dulu ya, debatnya. Ingat, negara serumpun harus saling akur.

























Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "Durian Disebut Buah Nasional Singapura, Netizen RI-Malaysia Bingung"