16 August 2024

Keputihan Bisa Jadi Salah Satu Gejala Kanker Serviks

Foto: Getty Images/iStockphoto/pepifoto

Spesialis kandungan dan ginekologi dr Ivander R Utama, FMAS, SpOG menyebut keputihan bisa jadi salah satu gejala kanker serviks yang perlu diwaspadai. Penyakit ini menghantui perempuan di Indonesia dengan angka kematian tinggi.

Kasus kanker serviks pada awalnya kerap tidak menimbulkan gejala pada stadium awal. Namun wanita bisa mengenalinya jika mengalami keputihan yang tidak normal.

"Keputihan yang berbau tidak sedap atau berbau busuk disertai nyeri saat pipis, itu harus diperiksakan," kata dr Ivan dalam diskusi terkait kanker serviks, Selasa (13/8/2024).

Perempuan seringkali menyepelekan keputihan yang dialami sehingga rata-rata pasien kanker serviks datang berobat dalam kondisi stadium lanjut. Kebanyakan pasien kanker serviks berobat ke dokter sudah dalam stadium 3 atau 4 sehingga tak bisa lagi menjalani operasi.

dr Ivan menambahkan setiap perempuan berisiko terkena kanker serviks, maka ia menyarankan untuk tidak ragu memeriksakan diri setidaknya setahun sekali terlebih bagi yang rutin berhubungan seksual, membiasakan hidup sehat serta setia pada satu pasangan.

"Jadi daripada pusing, periksa. Mau papsmerar, IVA, silakan dilakukan, untuk langkah pencegahan sekunder," tandas dia.

























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Ciri-ciri Keputihan Akibat Kanker Serviks yang Perlu Diwaspadai"