02 August 2024

Mantan Manajer MU Kagum dengan Perjuangan Ten Hag

Foto: Getty Images/Marc Atkins

Kerap dihujani kritik, Erik ten Hag masih bertahan dan bertekad membawa Manchester United kembali ke posisi semestinya. Eks manajer MU David Moyes pun salut.

Ten Hag sempat diragukan bakal lanjut di MU musim panas ini. Jebloknya hasil timnya di Premier League musim lalu --finis kedelapan-- bikin masa depannya sangat dispekulasikan.

Ia pun mengalami hujan dan banjir kritik. Alih-alih membawa MU maju, Ten Hag justru membiarkan timnya mengalami kemunduran berat.

Tapi trofi Piala FA musim kemarin menjadi penyelamatnya. Ten Hag setidaknya membuktikan bahwa ia sebenarnya mampu membawa MU kompetitif dengan situasi yang mendukung.

Pada akhirnya MU memutuskan memberinya kesempatan lagi. Tapi tekanan niscaya akan lebih besar diembannya karena kini ada ekspektasi-ekspektasi lebih, terlebih setelah perubahan-perubahan di manajemen klub menyusul kedatangan Sir Jim Ratcliffe.

Mantan manajer MU David Moyes mengaku kagum dengan perjuangan Ten Hag di sana. Ia percaya bahwa selama ini problem yang dihadapi koleganya itu adalah perubahan kultur di klub dan ekspektasi yang lebih akibat dominasi sang rival sekota, Manchester City.

Sejak kepergian Sir Alex Ferguson, MU beralih jadi klub yang mendominasi menjadi klub yang berusaha tetap di persaingan teratas. Sementara Man City mengambil alih singgasana itu dan bikin tekanan ke MU makin besar.

"Secara keseluruhan, masalah terbesar United itu bukan manajer atau para pemain mereka. Masalahnya adalah Manchester City dan Pep Guardiola," ujar Moyes dalam siniar dengan Simon Jordan, dilansir Manchester Evening News.

"Erik ten Hag sedang melawan itu pada saat ini. Tapi dia sudah bekerja dengan baik mengingat tekanan masif yang ada padanya. Terkadang masalah dengan manajer itu jadi hal yang mudah untuk digunakan sebagai alasan oleh para pemain."

"Para pemain di United terbiasa punya kultur menang yang luar biasa di klub. Ten Hag sudah menghadapi pertarungan selama dua musim terakhir dan mari jangan lupakan bahwa dia memenangi dua trofi dalam periode itu."

"Saya mengaguminya atas determinasinya untuk melawan kritik-kritik," imbuh pria yang baru saja berpisah dengan West Ham United ini.


























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Moyes Salut dengan Perlawanan Ten Hag di MU"