24 August 2024

Thailand Jadi Negara Asia Pertama yang Laporkan Varian Mpox Mematikan

Foto ilustrasi: Getty Images/JUN LI

Thailand menjadi negara pertama di Asia yang melaporkan kasus varian Mpox mematikan. Departemen pengendalian penyakit setempat mengatakan pasien yang dikonfirmasi memiliki riwayat perjalanan dari Afrika.

Dari hasil tes laboratorium mengkonfirmasi bahwa pasien pria berusia 66 tahun itu terinfeksi varian Mpox clade 1b.

"Departemen Pengendalian Penyakit Thailand ingin mengonfirmasi hasil tes laboratorium yang menunjukkan mpox Clade 1b pada pasien Eropa," kata departemen tersebut dalam sebuah pernyataan yang dikutip dari The Guardian.

Diketahui pasien tersebut mendarat di Bangkok pada 14 Agustus dan dilarikan ke rumah sakit dengan gejala Mpox. Pihak departemen juga terus memantau orang-orang yang menjadi kontak dekat pasien.

"Kami telah memantau 43 orang yang telah melakukan kontak dekat dengan pasien dan sejauh ini mereka tidak menunjukkan gejala. Tetapi, kami harus terus memantau selama total 21 hari," beber pihak departemen.

"Siapa pun yang bepergian ke Thailand dari 42 'negara berisiko' harus mendaftar dan menjalani pengujian pada saat kedatangan," sambungnya.

Meski begitu, Kepala Departemen Pengendalian Penyakit Thailand Thongchai Keeratihattayakorn mengatakan Mpox tidak seperti COVID-19. Penyebarannya jauh lebih kecil dan tidak secepat COVID-19 karena ditularkan melalui kontak dekat.

Sebelumnya, varian Mpox clade 1b ditemukan di wilayah Afrika yakni Republik Demokratik Kongo, Burundi, Kenya, Rwanda, dan Uganda sejak Juli.

Kemudian, varian tersebut juga dikonfirmasi di Swedia pada awal Agustus. Dari laporan, pasien dengan varian 1b itu terinfeksi saat berkunjung ke negara bagian Afrika.

Sejauh ini, clade 1b dikenal sebagai strain baru dari Mpox yang lebih mematikan dan lebih mudah menular. Varian ini yang disebut menjadi salah satu penyebab lonjakan kasus Mpox yang baru-baru ini terjadi.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, clade 1b dapat menyebabkan kematian pada sekitar 3,6 persen kasus. Ini juga sangat berisiko bagi kelompok anak-anak.

























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Thailand Jadi Negara Pertama di Asia Konfirmasi Varian Mpox Mematikan"