24 August 2024

Thailand Resmi Konfirmasi Kasus Pertama Mpox

Ilustrasi cacar monyet atau Mpox (Foto: AP/Martin Mejia)

Thailand pada Kamis resmi mengonfirmasi kasus pertama Mpox atau cacar monyet dengan strain virus clade 1b di luar Afrika. Kasus tersebut menimpa seorang pria Eropa berusia 66 tahun yang tiba di Thailand minggu lalu dari negara Afrika yang tidak disebutkan namanya, tempat penyakit itu menyebar.

"Hasil tes mengonfirmasi bahwa ia terinfeksi cacar monyet jenis Clade 1b, yang merupakan kasus pertama yang terdiagnosis di Thailand, tetapi pria ini kemungkinan terinfeksi dari negara endemis," kata Thongchai Keeratihattayakorn, direktur jenderal Departemen Pengendalian Penyakit Thailand, kepada Reuters.

Thongchai mengatakan tidak ada infeksi lokal lain yang terdeteksi melalui pelacakan kontak. Clade 1b telah memicu kekhawatiran global karena kemudahan penyebarannya melalui kontak dekat.

Kasus varian tersebut juga dikonfirmasi minggu lalu di Swedia dan dikaitkan dengan wabah yang merebak di Afrika, tanda pertama penyebarannya ke luar benua.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebelumnya menyatakan wabah penyakit baru-baru ini sebagai keadaan darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional setelah varian baru teridentifikasi.

























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Fix! Thailand Konfirmasi Kasus Pertama Mpox 'Clade 1b' yang Mematikan"