02 October 2024

Beberapa Minuman Sehat Ini Bisa Bantu Turunkan BB

Ilustrasi (Foto: Getty Images/oatawa)

Memiliki berat badan ideal tentunya menjadi dambaan bagi semua orang. Tak ayal banyak masyarakat yang mencari berbagai cara untuk menurunkan berat badan.

Konsumsi makanan tinggi serat dan olahraga secara rutin kerap dilakukan untuk mendapatkan berat badan ideal. Namun, tidak hanya dari makanan dan aktivitas fisik, beberapa minuman sehat juga diyakini bisa membantu menurunkan berat badan.

Dikutip dari Healthline, sederet minuman ini dapat meningkatkan metabolisme, memperlama rasa kenyang, dan mengurangi rasa lapar yang dapat membantu proses penurunan berat badan. Berikut daftarnya.

1. Air Putih
Mengonsumsi air putih merupakan sebuah cara sederhana untuk meningkatkan kesehatan secara menyeluruh.

Penelitian terhadap 48 orang dewasa yang obesitas menemukan bahwa mereka yang minum sebanyak 500 ml air sebelum makan sambil menjalani diet rendah kalori dapat menurunkan berat badan sebanyak 44 persen lebih banyak selama 12 minggu dibandingkan dengan mereka yang tidak minum air sebelum makan.

2. Kopi
Kopi mengandung kafein yang dapat memberikan stimulan bagi tubuh dan bermanfaat untuk penurunan berat badan. Tak hanya itu saja, kopi juga dapat mengurangi asupan energi dan meningkatkan metabolisme tubuh yang membantu menurunkan berat badan.

Sebuah studi pada 33 orang dewasa yang obesitas menemukan bahwa mereka yang minum kopi dengan kandungan 6 mg kafein per kilogram berat badan, mengonsumsi kalori keseluruhan yang jauh lebih sedikit dibandingkan dengan mereka yang minum lebih sedikit kafein atau sama sekali tidak minum kafein.

3. Teh Hijau
Teh hijau tidak hanya mengandung antioksidan, tetapi juga merupakan sebuah minuman yang paling efektif untuk menurunkan berat badan.

Sebuah tinjauan menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi teh hijau dengan konsentrasi tinggi dalam waktu 12 minggu dapat kehilangan berat badan rata-rata 0,2 sampai dengan 3,5 kg lebih banyak dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi teh hijau.

4. Teh Jahe
Penelitian menunjukkan bahwa teh jahe dapat membantu meningkatkan pengeluaran kalori dan mengurangi nafsu makan.

Sebuah penelitian terhadap 10 pria yang obesitas menemukan mereka yang minum 2 gram bubuk jahe yang dilarutkan dalam air panas saat sarapan dapat mengalami peningkatan rasa kenyang dan mengurangi rasa lapar dibandingkan dengan hari-hari ketika tidak mengonsumsi teh jahe.

5. Jus Sayuran
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang dewasa yang minum sekitar 453 gram jus sayur rendah sodium saat menjalani diet rendah kalori dapat kehilangan berat badan secara signifikan lebih banyak dibandingkan dengan mereka yang tidak.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "5 Minuman Sehat yang Bantu Turunkan Berat Badan, Termasuk Air Putih-Kopi"