05 October 2024

Ini Tandanya Bila Pekerja Alami Stres dan Butuh Bantuan Psikologis

Ilustrasi. (Foto: iStock)

Setiap pekerjaan pasti memiliki beban yang berbeda-beda. Kondisi ini mampu memicu munculnya stres, kecemasan, hingga tekanan emosional yang mempengaruhi kondisi mental pekerjanya.

Melihat itu, seseorang harus segera mendapatkan pertolongan dari profesional untuk mencari tahu akar penyebabnya. Psikolog klinis Fifi Pramudika, MPsi, menjabarkan tanda-tanda yang harus diperhatikan saat seorang pekerja harus segera mendapatkan pertolongan secara psikologis.

"Misalnya, terutama ketika sudah ada tanda-tanda ke arah suicide atau self harm, berarti sudah mulai berkaitan dengan keselamatannya. Saat itulah harus dirujuk ke psikiater atau psikolog klinis," jelas Fifi dalam Temu Media Hari Kesehatan Jiwa Sedunia, Rabu (2/10/2024).

Namun, Fifi menjelaskan umumnya ada tanda-tanda awal yang bisa dideteksi saat seorang pekerja harus membutuhkan bantuan. Terutama yang berkaitan dengan kinerjanya.

Menurutnya, tanda yang sering terlihat adalah performa kerjanya menurun. Di saat ini, atasan sudah mampu mengidentifikasi ada yang tidak beres dengan kondisi pekerjanya itu.

"Atau tanda yang paling sering saya jumpai di lapangan itu berkaitan dengan absenteism atau sudah lama nggak masuk kerja tanpa alasan yang jelas," terang Fifi.

Selain dari performanya, pekerja yang mungkin mengalami masalah psikologis juga berpengaruh pada pola sosialisasinya yang menurun.

"Ketika sudah mulai ada tanda-tanda seperti itu, dari pimpinan atau manajemen boleh untuk mulai mencari tahu ada apa dengan dia," sambungnya.

Pada kesempatan yang sama, spesialis okupasi dr Palupi A Djayadi, SpOk menyebutkan ada beberapa tanda awal yang menunjukkan seorang pekerja mulai stres. Tanda-tandanya seperti:
  • Absenteism atau ketidakhadiran tanpa alasan yang jelas.
  • Presenteism, orangnya ada tepat waktu tapi jejaknya tidak ada, karena tidak mengerjakan pekerjaan apapun.
  • Menarik diri yang biasanya terjadi di luar tuntutan kerja, seperti saat jam makan siang.
  • Demotivasi atau kehilangan semangat dan menyerah pada suatu pekerjaan.
  • Sensitif, seperti gampang nangis atau sedih.
  • Impulsif, seperti mudah marah atau emosi.
  • Produktivitas menurun.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Wajib Perhatikan, Ini Tanda Pekerja Stres dan Butuh Bantuan Psikologis"