Hagia Sophia

02 August 2024

Gejala Diabetes yang Sering Muncul Saat Bangun Tidur

Foto ilustrasi: Shutterstock

Diabetes merupakan kondisi kronis yang ditandai dengan kadar glukosa darah yang tinggi. Kondisi ini bisa menimbulkan banyak gejala yang kerap tidak disadari.

Kondisi ini sering disebut sebagai 'silent killer', karena dapat menyebabkan komplikasi yang serius secara bertahap. Hal ini bisa berdampak pada masalah jantung, kerusakan ginjal, hingga masalah penglihatan.

Beberapa gejala dari penyakit diabetes juga bisa muncul saat pagi hari. Dikutip dari laman Times of India, berikut gejala diabetes yang muncul saat pagi:

1. Rasa Lapar yang Meningkat
Orang dengan diabetes mungkin akan bangun tidur dengan rasa lapar yang meningkat atau dikenal sebagai polifagia. Itu merupakan kondisi yang terjadi karena sel-sel tubuh tidak mendapatkan cukup glukosa karena resistensi insulin atau kekurangan insulin.

Akibatnya, otak memberikan sinyal kepada tubuh untuk makan lebih banyak dalam upaya untuk menyediakan energi yang diperlukan.

2. Merasa Sangat Haus
Gejala umum diabetes adalah rasa haus yang berlebihan atau disebut sebagai polidipsia. Orang dengan diabetes seringkali bangun dengan perasaan sangat haus karena tubuh mereka mencoba mengelola kadar gula darah yang tinggi.

Ginjal bekerja lebih keras untuk menyaring dan menyerap kelebihan glukosa, dan proses ini membutuhkan banyak cairan. Hal ini yang menyebabkan dehidrasi dan peningkatan rasa haus.

3. Kelelahan saat Bangun Tidur
Sering merasa lelah saat bangun tidur bisa menjadi salah satu tanda dari diabetes. Kadar gula darah yang tinggi dapat mencegah tubuh menggunakan glukosa secara efisien untuk energi.

Selain itu, sering buang air kecil di malam hari dapat mengganggu tidur, yang menyebabkan kelelahan saat pagi.

4. Sering Buang Air Kecil
Sering buang air kecil atau poliuria merupakan tanda lain dari diabetes, yang sering dialami saat malam atau dini hari. Kadar gula darah yang tinggi menyebabkan ginjal menyaring lebih banyak glukosa, yang menarik air bersamanya, sehingga mengakibatkan peningkatan produksi urine.

Orang dengan diabetes mungkin akan bangun beberapa kali saat malam untuk buang air kecil, sehingga kandung kemih mereka penuh saat pagi.

5. Sakit Kepala
Jika sering sakit kepala saat bangun pagi, bisa menjadi salah satu gejala diabetes. Kondisi ini disebabkan kadar gula darah tinggi (hiperglikemia) atau kadar gula darah rendah (hipoglikemia) yang terjadi pada malam hari.

6. Mulut Kering
Bangun tidur dengan mulut kering merupakan tanda potensial lain dari diabetes. Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan dehidrasi, karena tubuh menggunakan lebih banyak cairan untuk membuang kelebihan glukosa.

Hal ini dapat menyebabkan mulut kering, terutama yang terjadi saat pagi.

7. Kesemutan atau Mati Rasa
Kesemutan atau mati rasa saat pagi pada tangan dan kaki dapat menjadi tanda awal neuropati diabetik. Itu merupakan suatu kondisi yang diakibatkan oleh kadar gula darah tinggi yang berkepanjangan yang merusak saraf.

Gejala ini mungkin lebih terlihat saat bangun tidur, karena tekanan yang berkepanjangan pada saraf tertentu saat tidur.

8. Hiperglikemia Pagi
Hiperglikemia pagi terjadi saat kadar gula darah meningkat secara signifikan pada dini hari, biasanya antara pukul 4 dan 8 pagi. Hal ini karena ritme sirkadian alami tubuh, yang meningkatkan produksi hormon tertentu seperti kortisol dan hormon pertumbuhan.

Hormon-hormon ini dapat menyebabkan resistensi insulin, yang menyebabkan kadar gula darah lebih tinggi saat bangun tidur.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "8 Gejala Diabetes yang Sering Muncul saat Bangun Tidur"