Hagia Sophia

18 August 2024

LaLiga: Valencia Vs Barcelona, Gol Lewandowski Menangkan Barca

Foto: AP/Alberto Saiz

Barcelona sempat tertinggal dulu sebelum berbalik menang di markas Valencia. Sepasang gol Robert Lewandowski memenangkan Barca 2-1.

Barcelona bertandang ke markas Valencia di Mestalla, Minggu (18/8/2024) dini hari WIB, pada laga perdananya di Liga Spanyol 2024/2025. Meski tampil dominan secara keseluruhan, Barca malah tertinggal dulu di laga ini.

Hugo Duro membawa Valencia unggul pada menit ke-44. Barcelona langsung merespons dan menyamakan pada masa injury time babak pertama itu melalui Robert Lewandowski.

Barca berbalik memimpin di awal babak kedua berkat penalti. Eksekusi Lewandowski mengubah skor sekaligus menjadi penentu kemenangan tim tamu.

Dengan hasil ini, Barca sementara memimpin klasemen dengan tiga poin pertama. Posisi ini masih sangat mungkin berubah mengingat baru separuh tim yang bermain.

Jalannya Pertandingan

Barcelona coba langsung menguasai pertandingan selepas sepak mula. Upaya pertama datang dari Alejandro Balde yang masih bisa diamankan.

Sundulan Hugo Duro buat Valencia pada menit ke-15 masih melambung saja. Barcelona balas mengancam lewat Raphinha, yang upayanya ditahan kiper.

GOL! Valencia memimpin pada menit ke-44. Umpan silang Diego Lopez disambar Duro dengan sundulan dari jarak dekat.

GOL! Sebelum babak pertama berakhir, Barcelona menyamakan skor. Umpan Balde dari kiri diterima Yamal di kanan dan diteruskan dengan umpan silang, yang disambar Robert Lewandowski di depan gawang.

Penalti! Babak kedua baru berjalan semenit menit dan Barca dihadiahi penalti usai pelanggaran Christhian Mosquera terhadap Raphinha. Lewandowski maju dan menceploskan bola ke pojok kanan atas gawang.

Valencia dua kali mengancam namun belum membuahkan hasil pada menit ke-53. Sundulan Duro melambung, lalu tembakan Pepelu meleset tipis ke kiri.

Upaya Ferran Torres pada menit ke-57 belum berbuah apapun. Tembakannya mengarah ke tengah dan mudah dinetralkan Giorgi Mamardashvili.

Pedri melepaskan tembakan jarak jauh pada menit ke-85. Bola masih bergulir tipis ke kiri gawang.

Marc Casado nyaris menambah keunggulan Barca pada menit ke-91. Sepakannya menyambut umpan silang Gerard Martin berakhir sedikit melebar saja ke kanan gawang.

Gantian Lewandowski membuang kesempatan di sisa waktu. Sepakannya dari dalam kotak penalti melambung.

Tak ada lagi gol tercipta di sisa waktu pertandingan.

Susunan pemain

Valencia: Mamardashvili, Correia, Mosquera, Gasiorowski, Vazquez (Tejon 77'), Mir (Otorbi 77'), Pepelu, Guerra (Guillamon 86'), Lopez (Foulquier 66'), Almeida (Gomez 66'), Duro

Barcelona: Ter Stegen, Kounde, Cubarsi (Christensen 64'), Martinez, Balde (Gerard Martin 64'), Bernal, Casado, Yamal (Pau Victor 86'), Raphinha, Torres (Pedri 64'), Lewandowski

























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Valencia Vs Barcelona: Sepasang Gol Lewandowski Menangkan Barca"