Hagia Sophia

24 July 2024

Beberapa Makanan yang Harus Dihindari Pengidap Gagal Ginjal

Ilustrasi ginjal (Foto: Getty Images/iStockphoto/)

Gagal ginjal adalah kondisi saat fungsi ginjal tidak berjalan dengan baik karena terdapat kerusakan pada organ tubuh tersebut. Tidak hanya pada orang dewasa, gagal ginjal juga menjadi kondisi yang membahayakan untuk anak-anak sekalipun.

Selain menjalankan pengobatan yang sesuai, pengidap penyakit gagal ginjal perlu menjalankan perawatan secara mandiri di rumah. Salah satu perawatan yang perlu dilakukan adalah menjaga pola makan yang sehat, termasuk memilih makanan yang bisa atau tidak bisa dikonsumsi.

Spesialis penyakit dalam, dr Elisabet Sipayung, SpPD, menjelaskan pasien dengan gagal ginjal disarankan tidak mengonsumsi makanan yang mengandung kalium tinggi, seperti buah pisang, jeruk, hingga alpukat.

"Kalau (buah) yang boleh itu seperti misalnya pepaya, tapi dalam jumlah yang proporsional ya, artinya tidak berlebihan juga," ucapnya saat siaran Radio Kesehatan bersama Kementerian Kesehatan RI di Instagram, Senin (22/7/2024).

Dikutip dari Komunitas Pasien Cuci Darah Indonesia (KPCDI), kalium berperan penting dalam menjaga detak jantung agar tetap teratur dan otot bekerja dengan benar tanpa keluhan. Seseorang dengan ginjal yang sehat dapat menjaga jumlah kalium dalam tubuh dengan tepat.

Namun apabila seseorang mengalami gagal ginjal, penting untuk membatasi makanan tertentu yang bisa meningkatkan kalium dalam darah ke tingkat yang berbahaya. Bila kalium dalam darah meningkat, bisa memicu kondisi seperti lemah, mati rasa, kesemutan, detak jatuh yang tidak beraturan bahkan serangan jantung.

"Kemudian boleh sedikit anggur, kemudian boleh juga kalau sayurannya kembang kol. Yang nggak boleh tadi hindari tomat. Jadi kemudian sayuran yang berwarna hijau itu kan banyak mengandung kalium-kalium tinggi. Jadi itu amat sangat tidak usah bagi pasien-pasien yang sudah gagal ginjal stadium 5, ataupun yang sudah mengalami dialisis (cuci darah)," imbuhnya lagi.

"Kalium yang tinggi itu tidak bisa dikeluarkan dan akhirnya bersirkulasi terus di dalam tubuh dan mengakibatkan pasien jantungnya jadi tidak bagus denyutnya atau aritmianya," kata dr Elisabet.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Sederet Makanan yang Perlu Dihindari Pengidap Gagal Ginjal"