Hagia Sophia

23 July 2024

Hujan Deras Memunculkan Penemuan Luar Biasa: Fosil Dinosaurus Tertua

Foto: Interesting Engineering

Hujan deras di negara bagian selatan Rio Grande do Sul, Brasil, telah memunculkan penemuan luar biasa yang telah tersembunyi selama jutaan tahun.

Tim penggalian arkeologi yang dipimpin oleh ahli paleontologi Rodrigo Temp Müller dari Federal University of Santa Maria menemukan kerangka fosil dinosaurus yang hampir lengkap.

Associated Press (AP) melaporkan bahwa spesimen tersebut diyakini sebagai salah satu dinosaurus tertua di dunia, berumur 233 juta tahun lalu. Kerangkanya ditemukan di dekat waduk di kota Sao Joao do Polesine, negara bagian Brasil.

Müller mengatakan bahwa tim peneliti terkejut saat menemukan tulang tersebut. Namun, penemuan ini belum ditinjau sejawat atau dipublikasikan di jurnal.

Makhluk tersebut diperkirakan hidup pada periode Trias, yang berlangsung antara 252 juta hingga 201 juta tahun lalu. Masa itu adalah periode ketika semua benua bergabung menjadi satu benua super yang disebut Pangaea.

Dinosaurus pemakan daging

Hanya dalam empat hari, tim dengan cermat menggali situs tersebut, dengan hati-hati mengekstraksi balok batu yang berisi seluruh kerangka. Blok ini kemudian dibawa ke laboratorium untuk dianalisis lebih lanjut. Berdasarkan fosil, dinosaurus tersebut kemungkinan berukuran panjang sekitar 2,5 meter.

"Awalnya tampak seperti beberapa tulang yang terisolasi, namun saat kami mengungkap materialnya, kami dapat melihat bahwa kami memiliki kerangka yang hampir lengkap," kata Müller kepada AP.

Para peneliti Brasil percaya bahwa hewan tersebut termasuk dalam keluarga Herrerasauridae, yang mencakup karnivora theropoda puncak awal yang hidup selama periode Trias.

Sisa-sisa fosil tersebut terpelihara dengan baik, dan berpotensi menjadi kerangka Herrerasauridae terlengkap kedua yang pernah ditemukan. Herrerasauridae adalah salah satu keluarga dinosaurus paling awal yang pernah diidentifikasi dan mendominasi wilayah yang sekarang disebut Brasil dan Argentina. Mereka adalah predator teratas di ekosistemnya dan punah menjelang akhir periode ini.

Ini bukan pertama kalinya tim Müller menemukan fosil dinosaurus menarik di wilayah ini. Pada tahun 2019, mereka mengumumkan penemuan dinosaurus pemakan daging lainnya dari periode Trias.

Sisa-sisa yang terpelihara dengan baik ditemukan di dekat Santa Maria, Rio Grande do Sul. Penemuan tahun 2019 ini, bernama Gnathovorax cabreirai, juga termasuk dalam famili Herrerasauridae dan hidup pada waktu yang hampir sama dengan spesimen yang baru ditemukan, sekitar 233 juta tahun yang lalu.

Spesimen ini dapat membantu menjembatani kesenjangan evolusi antara predator Trias awal dan theropoda terkenal seperti Tyrannosaurus Rex. G. cabreirai dan spesimen barunya sudah ada puluhan juta tahun sebelum keberadaan raksasa ini.

Fosil yang terungkap hujan

Periode Trias memainkan peran penting dalam menentukan dominasi dinosaurus di Jurassic dan seterusnya. Masa ini merupakan masa pemulihan setelah bencana kepunahan besar-besaran, yang disertai dengan munculnya makhluk hidup baru dan terdiversifikasi.

Selama beberapa bulan ke depan, tim akan melakukan analisis mendalam untuk menentukan apakah fosil tersebut mewakili spesies yang benar-benar baru atau milik spesies yang sudah teridentifikasi.

Menurut AP, terkadang hujan dapat membantu mengungkap fosil tersebut karena menyapu lapisan sedimen yang mengubur sisa-sisa tersebut selama jutaan tahun. Proses ini, yang disebut pelapukan, membantu mendekatkan fosil ke permukaan, sehingga lebih mudah ditemukan. Namun, kondisi ini juga dapat merusak atau menghancurkannya jika tidak segera dipulihkan.

Selama penggalian, tim menemukan beberapa tulang, termasuk tulang kaki dan tulang panggul, yang sudah terkikis akibat curah hujan deras baru-baru ini. Sedihnya, di satu sisi, Rio Grande do Sul mengalami banjir besar pada bulan Mei tahun ini, dengan korban jiwa dilaporkan sedikitnya 182 orang.


























Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "Hujan Lebat Ungkap Fosil Dinosaurus Tertua yang Tersembunyi Jutaan Tahun"