Hagia Sophia

25 July 2024

Panas Ekstrem Landa Jepang, 6 Ribu Warganya Masuk RS Akibat Serangan Heatstroke

Cuaca panas di Jepang. (Foto: REUTERS/Issei Kato)

Giliran Jepang yang dilanda cuaca panas ekstrem. Otoritas setempat memperkirakan dalam beberapa hari ke depan suhu panas akan terus melampaui 35 derajat celsius hingga mendekati 40 derajat celsius.

Japan Today melaporkan hal ini terjadi nyaris di seluruh wilayah Jepang bagian barat dan timur. Trennya diprediksi akan terus berlanjut sampai Rabu (24/7/2024).

Di Toyooka, Prefektur Hyogo, suhu mencapai 38,2 derajat celsius, sementara wilayah di dekatnya, Miyazu, Prefektur Kyoto, mengalami kenaikan suhu hingga 37,3 derajat celsius, menurut data dari Badan Meteorologi setempat.

Suhu di kota Kyoto naik menjadi 37,9 derajat sementara di kota Gunge, di Pulau Awaji, Prefektur Hyogo, mencapai 38 derajat celsius. Toyota, Prefektur Aichi, mencatat suhu tertinggi di 37,6 derajat Celcius.

Suhu melonjak terjadi sehari setelah wilayah Kanto dilanda hujan lebat dan badai petir, menyebabkan gangguan transportasi yang luas dan memaksa pembatalan Festival Kembang Api Adachi yang populer, 20 menit sebelum dimulai.

Di wilayah Hokuriku dan wilayah lain di sebelah barat Kanto, suhu meningkat hingga sekitar 35 C. Sebagian wilayah Tokai, khususnya, mengalami peningkatan suhu hingga sekitar 38 C.

Daerah Tenryu di Prefektur Shizuoka, di kota Hamamatsu, mencatat suhu 38,5 C.

Sementara itu, Badan Meteorologi mengatakan pada hari Minggu bahwa musim hujan di wilayah Chugoku dan Kinki berakhir dua hari lebih lambat dari rata-rata dan lima hari lebih lambat dibandingkan tahun lalu.

Suhu juga mencapai 37,5 C di kota Gifu dan sekitar 36 C di kota Takamatsu, Tottori, Fukui, Toyama, Nagoya dan Kumagaya, sedangkan kota Miyazaki, Okayama, Osaka, Tsu dan Saitama mengalami suhu sekitar 36 C.

Tokyo, serta Naha, Kumamoto, Matsuyama, Kanazawa dan Fukushima, semuanya naik hingga 34 C atau lebih.

Bahkan di Hokkaido, banyak wilayah yang mengalami suhu di atas 30 C, sementara sebagian besar wilayah Tohoku juga mengalami suhu setinggi serupa.

Selama beberapa hari ke depan, cuaca panas sepertinya tidak akan berhenti, karena Tokyo dan Osaka diperkirakan akan mengalami suhu tertinggi di atas 35 C selama tiga hari berturut-turut, dan Nagoya diperkirakan akan mengalami suhu di atas 36 C hingga hari Rabu.

Korban Heatstroke

Ketika suhu masih di atas 37 derajat Celcius di sejumlah daerah Jepang dalam beberapa hari terakhir, Badan Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana mengatakan dalam angka terbarunya 6.194 orang telah dilarikan ke rumah sakit di seluruh Jepang karena heat stroke.

Data tersebut dihimpun dari tanggal 8 hingga 14 Juli. Angka ini sangat tinggi pada kelompok lansia, individu berusia 65 tahun ke atas mencapai lebih dari separuh jumlah tersebut, yaitu 64 persen.

Perubahan iklim, terutama disebabkan oleh pembakaran bahan bakar fosil, mendorong suhu rata-rata lebih tinggi di seluruh dunia dan memperbesar kemungkinan terjadinya gelombang panas dan cuaca ekstrem lainnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Jepang 'Diamuk' Panas Ekstrem, 6 Ribu Warga Masuk RS gegara Heatstroke"