Hagia Sophia

11 July 2024

Pasien Penerima Cangkok Ginjal Babi Meninggal Usai 2 Bulan Operasi

Wanita penerima ginjal babi meninggal. (Foto: AP/Shelby Lumab)

Lisa Pisano, orang pertama yang menerima transplantasi ginjal babi sekaligus pompa jantung, meninggal. Kabar ini diumumkan oleh NYU Langone Health, tempat dia menjalani operasi.

Diberitakan CNN, Pisano awalnya tampak pulih dengan baik pasca operasi yang dilakukan pada 12 April. Namun setelah 47 hari kemudian, dokter harus mengeluarkan ginjal babi dari tubuhnya karena organ tersebut rusak akibat obat untuk jantungnya.

"Meskipun menjalani dialisis dan pompa jantung implan, Pisano akhirnya masuk perawatan rumah sakit dan meninggal pada hari Minggu (7/7)," kata ahli bedah transplantasi NYU Langone Dr Robert Montgomery dalam sebuah pernyataan.

Dr Montgomery memuji keberanian Pisano dalam mencoba eksperimen terbaru dari organ babi ke manusia, yang disebut xenotransplantasi. Penelitian ini bertujuan untuk suatu hari nanti dapat menopang kekurangan organ yang dapat ditransplantasikan.

"Lisa membantu membawa kita lebih dekat untuk mewujudkan masa depan di mana seseorang tidak harus mati agar orang lain bisa hidup. Dia akan selamanya dikenang karena keberanian dan sifat baiknya," ucap Dr Montgomery.

Pada bulan April, Pisano yang berusia 54 tahun mengatakan kepada The Associated Press bahwa dia tahu ginjal babi mungkin tidak berfungsi, tetapi dia ingin mengambil risiko.

Pisano adalah pasien kedua yang menerima ginjal dari babi yang gennya telah diedit. Yang pertama, Richard "Rick" Slayman, menerima transplantasi di Rumah Sakit Umum Massachusetts dan meninggal pada awal Mei, hampir dua bulan kemudian. Dokternya mengatakan dia meninggal karena penyakit jantung yang sudah ada sebelumnya, bukan akibat transplantasi.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Wanita Penerima Cangkok Ginjal Babi Meninggal 2 Bulan Pasca Operasi"