Hagia Sophia

31 August 2024

Beberapa Minuman Pengganti Kopi yang Bisa Dikonsumsi Pagi Hari

Foto: Ilustrasi iStock

Kopi menjadi pilihan banyak orang untuk dikonsumsi secara rutin di pagi hari. Hal ini karena adanya kandungan kafein yang dapat mengusir rasa kantuk dan membuat badan terasa segar.

Akan tetapi, ada sejumlah orang dengan kondisi tertentu yang tak bisa mengonsumsi kopi secara rutin di pagi hari. Minum kopi justru dapat memperburuk kondisi orang tersebut, misalnya pengidap GERD.

Di sisi lain, mereka juga ingin merasakan efek badan segar dan rasa kantuk hilang setelah mengonsumsi sesuatu. Lantas, minuman apa saja yang bikin fokus selain kopi?

Dikutip dari Healthline dan Times of India, berikut adalah sederet minuman yang bisa menjadi alternatif kopi.

1. Cuka Sari Apel
Minuman ini dikenal rendah kalori. Selain dapat menghilangkan rasa kantuk, cuka apel juga dapat membantu dalam proses penurunan berat badan.

Cuka apel memiliki kandungan asam asetat yang bagus untuk pengidap diabetes, karena dapat membantu menurunkan kadar gula.

2. Teh Matcha
Minuman ini sangat populer di Jepang. Teh matcha juga mengandung kafein tetapi tidak sebanyak kopi. Kandungan inilah yang mampu mengusir rasa kantuk dan membuat badan terasa segar.

Teh matcha dibuat dengan mencampurkan 1-2 sdt bubuk matcha ke dalam air panas mendidih lalu diaduk rata.

3. Kombucha
Kombucha dibuat dengan fermentasi teh hitam dengan bakteri, ragi, dan gula. Proses fermentasi menciptakan koloni simbiosis bakteri dan ragi yang biasa disebut SCOBY.

Setelah fermentasi, kombucha mengandung probiotik, asam asetat, dan antioksidan yang semuanya memiliki manfaat kesehatan.

4. Teh Chai
Teh chai adalah jenis teh hitam yang dicampur dengan bumbu dan rempah yang kuat. Meskipun mengandung lebih sedikit kafein (48 mg) dibandingkan kopi, penelitian menunjukkan bahwa teh hitam masih dapat meningkatkan kewaspadaan mental.

Teh hitam dan teh hijau sama-sama dibuat dari tanaman Camellia sinensis, namun teh hitam mengalami proses fermentasi, yang mengubah susunan kimianya. Kedua jenis ini tampaknya memiliki sifat antioksidan yang kuat.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "4 Minuman Pengganti Kopi di Pagi Hari untuk Tingkatkan Fokus, Bikin Mata Melek"