Hagia Sophia

01 May 2024

Ini Kata Dokter Terkait Gejala Batu Ginjal yang Diidap Parto Patrio

Parto Patrio idap batu ginjal (Foto: Parto Patrio di rumah sakit. (Instagram istri Parto @dienz_36))

Komedian Parto Patrio menjalani operasi kedua pada Senin (29/4/2024) setelah dirawat di RS karena batu ginjal. Adapun kabar tersebut diketahui dari unggahan Instagram Story istri Parto, Diena Risty.

"Bismillah dilancarkan operasi kedua ini," tulis Diena, dikutip dari akun Instagram, dilihat Selasa (30/4).

Sebelumnya keluarga enggan memberitahu sakit yang diidap Parto sampai harus operasi. Namun dia sempat menjalani beberapa prosedur seperti CT scan sebelum operasi dilakukan. Bahkan ketika libur Lebaran, Parto masih memaksakan diri untuk liburan bersama keluarga ke Bali. Sampai akhirnya Selasa (23/4/2024) kondisinya drop dan dibawa ke RS, sehari kemudian menjalani operasi.

Rekan sesama Parto, Eko, menyebut bintang Opera van Java itu mengalami sakit batu ginjal sampai harus operasi. Beruntung, batu ginjalnya belum menyebar terlalu banyak hingga parah.

"Untungnya batu ginjalnya nggak menyebar, cuma satu fokus," lanjut Eko, dikutip dari detikHot.

Gejala Batu Ginjal

Spesialis urologi dr Hilman Hadiansyah, SpU, menjelaskan salah satu gejala yang mengindikasikan seseorang mengidap batu ginjal adalah nyeri pinggang. Apabila pasien mengeluhkan gejala tersebut, sebaiknya segera menjalani pemeriksaan di rumah sakit.

"Kita bisa melakukan USG terlebih dahulu. USG untuk menentukan ginjalnya bengkak atau nggak. Dari USG ginjalnya bengkak, kita bisa lanjut ke CT scan, CT scan urografi, kalau pasiennya nyeri biasanya menggunakan CT scan urografi non-kontras," katanya saat ditemui di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, belum lama ini.

"Kalau tidak nyeri, bisa dilakukan CT scan urografi kontras. Untuk melihat fungsi ginjal juga. Dengan ct scan itu kita dapat mengetahui jumlah batu, lokasi batu, dan tingkat batu," sambungnya lagi.

dr Hilman juga membeberkan sejumlah cara untuk mencegah batu ginjal, termasuk rutin mengonsumsi air putih dua liter sehari untuk orang dewasa. Hal ini dikarenakan sebagian komponen penyusun tubuh manusia terdiri dari air, yakni komponen yang berfungsi untuk melancarkan aliran darah di dalam tubuh, termasuk membantu membuang racun.

Selain mengonsumsi air putih, hindari juga untuk menahan buang air kecil (BAK) dan mengurangi konsumsi makanan yang mengandung tinggi garam.

"kemudian kurangi intake garam kalau bisa sehari setengah sendok teh per hari. Kemudian kurangi konsumsi protein hewani. Ini untuk batu secara umum ya, ini ada batu kalsium, batu asam urat. Tapi untuk secara umum yang perlu dilakukan naikan intake air 2 liter sehari, intake garamnya dikurangi, dan kurangi konsumsi protein hewani," imbuhnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kata Dokter soal Gejala Batu Ginjal, Kondisi yang Diidap Komedian Parto Patrio"