Hagia Sophia

17 May 2024

Khasiat yang Diperolah dari Konsumsi Daun Seledri

Daun seledri memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. (Foto: iStock)

Seledri adalah salah satu sayuran yang sering menjadi pelengkap atau penghias makanan. Tak hanya memperkaya cita rasa masakan, daun seledri ternyata juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan loh.

Khasiat seledri tentu tidak terlepas dari nutrisi yang terkandung di dalamnya. Dikutip dari WebMD, seledri mengandung nutrisi berupa:
  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Vitamin K
  • Kalium
  • Folat
  • Kalsium
  • Serat
  • Kalori
  • Protein
  • Karbohidrat
Lantas, apa saja manfaat daun seledri untuk kesehatan? Dikutip dari berbagai sumber, berikut khasiat yang bisa diperoleh dari mengonsumsi sayuran ini.

1. Menunjang Fungsi Pencernaan
Daun seledri mengandung serat larut yang sangat bermanfaat untuk fungsi pencernaan. Serat larut dapat membantu meningkatkan motilitas usus, sehingga membantu melancarkan buang air besar dan mencegah sembelit.

Selain itu, daun seledri juga mengandung polisakarida yang dapat mengurangi risiko tukak lambung, memperkuat lapisan pelindung di perut, dan memodulasi sekresi perut.

2. Membantu Menjaga Kestabilan Gula Darah
Manfaat daun seledri untuk kesehatan lainnya adalah membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Seledri mengandung etil asetat yang dikenal mampu menurunkan kadar glukosa darah. Beberapa studi juga menunjukkan konsumsi daun seledri dapat menurunkan kadar glukosa darah hingga 20 persen.

Seledri juga termasuk makanan dengan indeks glikemik rendah, sehingga tidak memicu lonjakan gula darah yang signifikan.

3. Menurunkan Kolesterol dan Tekanan Darah
Selain mengontrol gula darah, daun seledri juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh. Seledri mengandung senyawa 3-n-butylphthalide yang mampu menghambat pembentukan serta mengatasi kadar lemak dalam darah.

Tak hanya itu, 3-n-butylphthalide juga dapat mengendurkan pembuluh darah, sehingga membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar dan menurunkan tekanan darah.

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung
Karena seledri dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dan tekanan darah tinggi, maka secara tidak langsung sayuran ini juga berkhasiat untuk memelihara kesehatan jantung. Kolesterol dan tekanan darah tinggi merupakan faktor yang dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, seperti hipertensi, jantung, dan stroke.

Dengan mengonsumsi seledri, maka kolesterol dan tekanan darah dapat terkendali, sehingga terlindungi dari risiko penyakit-penyakit tersebut.

5. Menurunkan Berat Badan
Kandungan serat yang ada pada seledri juga dapat membantu menurunkan berat badan. Serat dapat memperlambat proses penyerapan makanan di sistem pencernaan. Alhasil, makanan menjadi lebih lambat dicerna dan tubuh merasa kenyang lebih lama.

Hal tersebut dapat membantu menekan nafsu makan dan mengurangi makan secara berlebihan, sehingga mendukung proses penurunan berat badan. Itulah alsan mengapa seledri kerap dijadikan camilan oleh orang-orang yang sedang program diet.

6. Membantu Mengatasi Peradangan
Seledri mengandung fitonutrien yang dapat melindungi tubuh dari peradangan. Tak hanya itu, fitonutrien tersebut juga dapat melindungi tubuh dari stres oksidatif yang bisa memicu penumpukan radikal bebas di dalam tubuh.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "6 Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan, Termasuk Menurunkan Kolesterol"