Hagia Sophia

04 May 2024

Urat Biru yang Biasa Muncul di Belakang Lutut Merupakan Gejala Varises?

Foto ilustrasi: iStock

Sebagian orang mungkin pernah melihat adanya urat biru yang biasanya terlihat di belakang lutut atau paha. Banyak yang beranggapan bahwa itu adalah varises.

Namun, ternyata kondisi itu belum tentu varises. Dokter spesialis bedah subspesialis bedah vaskular dan endovaskular RS Royal Progress, dr Hendra Wibowo, SpB, Subsp, BVE(K), mengatakan belum tentu semua urat atau pembuluh darah yang terlihat muncul di kulit adalah varises.

"Kadang-kadang orang salah mengira bahwa itu adalah varises. Tapi, sebenarnya tidak semua pembuluh darah yang terlihat itu varises," beber dr Hendra pada detikcom, Kamis (2/5/2024).

dr Hendra menjelaskan saat seseorang melakukan diet kalori ketat, lapisan lemak yang ada di bawah kulit akan menipis. Kondisi ini akan membuat pembuluh darah vena yang posisinya ada di bawah kulit akan semakin terlihat.

Dia menegaskan tidak semua orang yang varises bisa terlihat secara langsung tanpa pemeriksaan lebih lanjut.

"Kadang varises pada orang-orang gemuk yang obesitas itu tidak terlihat, karena lemak di permukaan kulitnya tebal," kata dr Hendra.

"Jadi, kadang-kadang menilai pasien varises itu bukan hanya serta merta dari penglihatan, tapi harus dari pemeriksaan dan USG," lanjutnya.

Maka dari itu, dr Hendra menyarankan untuk melakukan pemeriksaan jika pembuluh darah terlihat muncul di kulit dengan USG. Ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada aliran balik atau refluks yang terjadi.

"Kalau tidak ada refluks, berarti hanya pelebaran pembuluh darah biasa," katanya.

Lalu, apa saja gejala varises?

dr Hendra menjelaskan umumnya peningkatan tekanan pada pembuluh darah vena ini bisa menimbulkan gejala-gejala, seperti:
  • Kaki terasa berat
  • Muncul rasa kram terutama pada malam hari
  • Bengkak
  • Muncul sensasi kesemutan dan gatal, terutama di pergelangan kaki
Maka dari itu, dr Hendra menyarankan untuk segera melakukan pemeriksaan ke dokter saat kondisi varises sudah timbul urat-urat yang bisa dilihat secara jelas oleh mata.

"Biasanya kalau tanda-tanda varises yang sudah mulai gejalanya berat itu sudah timbul urat-urat yang sudah terlihat oleh mata dengan diameter 2-3 mm. Biasanya sudah terlihat seperti cacing yang berkelok-kelok, itu gejalanya sudah berat," jelas dia.

"Dan saat kondisinya seperti itu sudah harus diterapi di rumah sakit. Ini dilakukan supaya tidak terjadi perubahan warna kulit, bengkak, hingga luka di kulit. Jika sudah mulai luka, itu sudah masuk dalam varises stadium enam," pungkasnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Muncul Urat Biru di Belakang Lutut dan Paha, Gejala Varises? Begini Kata Dokter"