Hagia Sophia

31 July 2024

Beberapa Olahraga Ini Cocok untuk Pengidap Diabetes

Ilustrasi olahraga (Foto: Getty Images/iStockphoto/Farknot_Architect)

Selain memperhatikan asupan makanan, pengidap diabetes juga dianjurkan untuk tetap berolahraga secara rutin. Namun, intensitas dan jenis olahraganya harus disesuaikan dengan kondisi pengidap.

Tidak hanya mengurangi tingkat stres, olahraga juga dapat menurunkan kadar gula darah dan mengurangi kebutuhan insulin. Dikutip dari Cleveland Clinic, spesialis diabetes Sue Cotey, RN, CDCES dan Andrea, RN, CDCES merekomendasikan beberapa jenis olahraga yang cocok untuk para pengidap diabetes. Apa saja olahraganya?

1. Jalan Kaki
Olahraga ini menjadi populer dan sangat dianjurkan untuk mereka yang mengidap diabetes. Hal ini karena jalan kaki merupakan olahraga ringan yang mudah dan dapat dilakukan hampir di mana saja.

Para pengidap diabetes mungkin bisa memulainya secara rutin lima kali dalam seminggu dengan durasi 30 menit berjalan kaki cepat. Jika dirasa tidak mampu, maka 30 menit ini bisa dibagi ke dalam tiga sesi dalam satu hari seperti pagi, sore, dan malam.

2. Yoga
Olahraga tradisional ini diketahui dapat membangun fleksibilitas, kekuatan, dan keseimbangan pada tubuh. Sehingga, ini akan bermanfaat bagi orang-orang dengan penyakit kronis, salah satunya diabetes.

Yoga juga dapat menurunkan stres dan meningkatkan fungsi saraf, yang nantinya akan mengarah kepada kesehatan mental dan kebugaran. Menurut American Diabetes Association (ADA), Yoga bisa meningkatkan kadar glukosa darah karena peningkatan massa otot.

3. Berenang
Olahraga ini dapat meregangkan dan mengendurkan otot-otot, serta mengurangi tekanan pada sendi seseorang. Hal ini sangat bagus untuk mereka yang mengidap diabetes.

Penelitian menunjukkan, berenang dapat mengatur kadar kolesterol, membakar kalori, dan menurunkan stres bagi mereka yang mengidap atau berisiko terkena diabetes.

Jika ingin mendapatkan manfaat maksimal dari berenang, disarankan untuk berenang setidaknya tiga kali seminggu selama minimal sepuluh menit dan secara bertahap menambah durasi latihan.

4. Latihan Beban
Pakar diabetes Sheri Colberg mengatakan latihan beban akan memberikan banyak manfaat bagi mereka yang mengidap diabetes.

"Saya tidak bisa mengatakan cukup banyak tentang manfaat latihan beban, tidak hanya untuk penderita diabetes tetapi untuk semua orang. Jika Anda kehilangan massa otot, Anda akan lebih sulit menjaga gula darah," ujar Colberg dikutip dari Everyday Health.

Seseorang bisa rutin melakukan latihan beban setidaknya dua kali dalam seminggu agar kadar gula darah dalam tubuh dapat dikelola dengan baik. American College of Sports Medicine (ACSM) menyarankan untuk melakukan 2 hingga 3 set, dengan 8 sampai 12 repetisi untuk setiap latihan.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "4 Olahraga yang Cocok untuk Pengidap Diabetes, Bantu Kontrol Kadar Gula Darah"