Hagia Sophia

31 July 2024

Korut Dikabarkan Sedang Mencari Obat-obatan untuk Kesehatan Pemimpinnya

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (Foto: BBC World)

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dilaporkan mengalami berbagai masalah kesehatan terkait obesitas, termasuk tekanan darah tinggi dan diabetes.

Untuk mengatasi hal tersebut, pemerintah Korea Utara dilaporkan tengah mencari obat-obatan di luar negeri untuk merawatnya. Dikutip dari AP News, pemerintah Korea Utara disebut membutuhkan obat baru untuk kesehatan Kim Jong-un.

Isu kesehatan Kim Jong-un tersebut disampaikan Badan Intelijen Korea Selatan (NIS) dalam rapat bersama parlemen negara itu di Seoul, Senin (29/7/2024). Pertemuan ini dilakukan secara tertutup.

Menurut salah satu anggota parlemen Korea Selatan yang menghadiri rapat tersebut, Lee Song Kweun, berat badan Kim Jong-un kini diperkirakan mencapai 140 kg. Tinggi badan Kim 170cm.

Berat badan Kim dinilai bertambah setelah sempat kehilangan berat badan pada 2021.

Lee juga menyatakan bahwa Kim Jong-un menunjukkan gejala diabetes dan tekanan darah tinggi sejak usia 30-an. Pemimpin Tertinggi Korea Utara itu kini berusia 40 tahun.

Anggota parlemen lain, Park Sunwon menyebut NIS melaporkan bahwa obesitas Kim Jong-un terkait dengan kebiasaannya minum-minum, merokok, dan terkait stres. Kim Jong-un dinilai bisa terkena penyakit jantung jika kondisi kesehatannya tidak berubah.

Park dan Lee tidak menyebutkan ke negara mana pejabat Korea Utara mencari obat-obatan untuk Kim Jong-un. Pemerintah Korea Utara sendiri tidak mengeluarkan pernyataan resmi soal kesehatan anak Kim Jong-il tersebut.

Kim Jong-un diketahui berasal dari keluarga dengan riwayat masalah jantung. Ayah dan kakeknya, yang memerintah Korea Utara sebelum mewarisi kekuasaan pada tahun 2011, meninggal karena masalah jantung.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kim Jong Un Disebut Alami Masalah Kesehatan Terkait Obesitas"