Hagia Sophia

29 July 2024

Berbagai Manfaat Jahe untuk Kesehatan Pria

Ilustrasi jahe. (Foto: Getty Images/iStockphoto/natashamam)

Jahe memang sudah dikenal sebagai tanaman kaya khasiat. Namun, belum banyak yang tahu bila jahe juga bisa mengatasi disfungsi ereksi hingga ejakulasi dini pada pria.

Dalam beberapa kasus, jahe juga digunakan sebagai stimulan alami untuk pengobatan tradisional meningkatkan gairah seksual. Spesialis urologi dr Kelly Brown menyebut dalam penelitian atau riset yang terbatas, jahe bisa menurunkan tekanan darah termasuk bagi pengidap hipertensi.

Di sisi lain, jahe juga terbukti meningkatkan aliran darah. Sebuah studi in vitro atau studi yang tidak dilakukan pada manusia atau hewan, menunjukkan jahe juga dapat mencegah pembekuan darah dan membantu melebarkan pembuluh darah.

Studi telah menemukan hubungan antara tekanan darah tinggi dan risiko disfungsi seksual yang lebih tinggi pada pria. Jika jahe membantu menurunkan tekanan darah dan melebarkan pembuluh darah, jahe dapat meningkatkan gairah seksual dan libido.

Meningkatkan Kesuburan

Jahe juga dapat bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan pada pria. Satu tinjauan studi hewan menemukan jahe bisa memperbaiki kesuburan dengan meningkatkan aliran darah di testis, meningkatkan produksi testosteron, dan mengurangi stres oksidatif.

Secara khusus, jahe meningkatkan kadar testosteron dengan meningkatkan hormon luteinisasi atau hormon yang bertanggung jawab untuk memberi sinyal ke testis untuk memproduksi testosteron.

Tanaman obat ini juga dapat meningkatkan kualitas air mani dengan memperbanyak konsentrasi, motilitas, dan viabilitas sel sperma, meskipun hal ini ditemukan melalui penelitian pada hewan.

Mengurangi Stres Oksidatif

Kebanyakan orang mengalami stres oksidatif, yang terjadi ketika antioksidan dan radikal bebas dalam tubuh menjadi tidak seimbang, pada suatu saat dalam hidup mereka. Hal ini dapat merusak sel-sel tubuh dan menyebabkan peradangan.

Satu penelitian menunjukkan stres oksidatif dapat dikaitkan dengan fungsi ereksi yang buruk. Namun, diperlukan penelitian lebih lanjut.

"Jahe telah ditemukan dapat mengurangi stres oksidatif dalam tubuh. Demikian pula, tanaman obat ini juga dapat membantu meredakan peradangan, meskipun hubungan pasti antara peradangan dan kinerja seksual belum sepenuhnya diketahui," terang dr Kelly.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Sederet Manfaat Jahe untuk Pria yang Tak Disangka-sangka, Nggak Cuma Buat Bugar"