Hagia Sophia

17 July 2024

Minum Kopi Secara Rutin Bisa Cegah Risiko Kena Penyakit Kronis

Ilustrasi. (Foto: iStock)

Sudah bukan rahasia lagi kalau kopi memiliki banyak manfaat positif bagi tubuh. Bahkan, rutin kebiasaan minum kopi kerap dikaitkan dengan penurunan risiko terkena berbagai macam penyakit.

Manfaat kopi berasal dari zat-zat yang terkandung di dalamnya. Salah satu yang paling utama adalah kafein.

Dalam jumlah yang wajar, kafein dapat membantu menambah energi, meningkatkan konsentrasi, memperbaiki suasana hati, menurunkan tingkat stres dan kecemasan, hingga menstimulasi fungsi otak.

Kopi juga mengandung nutrisi penting lain, seperti kalium, magnesium, dan antioksidan yang baik untuk tubuh.

Dengan beragam nutrisi yang dimilikinya, kopi bisa mencegah risiko terkena penyakit apa saja sih? Dikutip dari berbagai sumber, berikut pembahasannya.

1. Penyakit Jantung
Percaya atau tidak, orang yang rutin minum kopi setiap hari memiliki risiko yang lebih kecil terkena penyakit jantung. Dikutip dari laman Alfred Health, mengonsumsi dua hingga tiga cangkir kopi setiap hari dapat menurunkan risiko penyakit jantung koroner, gagal jantung, dan gangguan irama detak jantung sebanyak 10-15 persen.

Rutin minum kopi juga dapat menurunkan risiko kematian dini yang disebabkan oleh penyakit jantung. Namun bagi orang yang memiliki riwayat penyakit jantung, sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi kopi.

2. Diabetes Tipe 2
Minum kopi setiap hari juga dapat membantu menurunkan risiko diabetes tipe 2. Penelitian yang dipublikasikan di Journal Clinical Nutrition menemukan per satu cangkir kopi dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 sebesar 4-6 persen.

Manfaat ini bisa diperoleh dari kopi dengan atau tanpa kafein. Hal yang perlu diingat adalah untuk tidak menambahkan gula, susu, krim, atau pemanis lain ke dalam kopi karena justru bisa merusak khasiat minuman ini.

3. Parkinson
Seperti yang disebutkan sebelumnya, kopi dapat meningkatkan fungsi otak. Penelitian menunjukkan konsumsi kopi dalam jangka panjang dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit parkinson.

Parkinson adalah kondisi yang menyebabkan penurunan pada fungsi otak. Meski bisa menyerang siapa saja, parkinson cenderung menyerang orang yang sudah memasuki usia lanjut.

Karena dapat membantu memelihara kesehatan otak, kopi pun dipercaya dapat mengurangi risiko seseorang mengalami parkinson di usia tua.

4. Penyakit Liver
Dikutip dari laman British Liver Trust, mengonsumsi kopi dapat mencegah risiko kanker jenis karsinoma hepatoseluler. Karsinoma hepatoseluler adalah jenis kanker liver yang paling umum, dan kerap menyerang orang dengan riwayat penyakit liver.

Tak hanya itu, rutin minum kopi juga terbukti dapat menurunkan risiko sirosis hati dan perlemakan hati.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Rutin Minum Kopi Ternyata Bisa Cegah Risiko Kena Penyakit Kronis Ini, Apa Saja?"