Hagia Sophia

30 July 2024

Tips Turunkan Kadar Gula Darah Tinggi, Diantaranya Rutin Konsumsi Air Hangat

Ilustrasi cek gula darah. (Foto: Shutterstock)

Mengetahui bagaimana cara untuk mengatur kadar gula darah dalam tubuh memang sangat penting. Gula darah yang berlebih dapat memicu beberapa kondisi buruk seperti merusak pembuluh darah dan saraf di sekitar jantung dan ginjal.

Di sisi lain, masih banyak orang yang belum mengetahui bagaimana cara aman mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Dikutip dari Healthline, berikut adalah beberapa cara alami untuk mengatur kadar gula darah dalam tubuh.

1. Olahraga Teratur
Aktivitas fisik dapat membantu seseorang untuk meningkatkan sensitivitas insulin. Peningkatan sensitivitas insulin berarti sel dapat menggunakan glukosa dalam aliran darah dengan lebih efektif.

Selain itu, olahraga juga akan membantu otot untuk menggunakan gula darah sebagai energi dan kontraksi otot. Beberapa bentuk olahraga yang bisa dipilih adalah jalan kaki, berlari, bersepeda, berengan, jumping jack, dan menari.

2. Makan Banyak Serat
Serat memperlambat pencernaan karbohidrat dan penyerapan gula, sehingga mendorong kenaikan kadar gula darah secara lebih bertahap. Pola makan tinggi serat dapat meningkatkan kemampuan tubuh dalam mengatur dan meminimalkan kadar gula darah.

Makanan tinggi serat bisa bisa mudah dijumpai pada buah-buahan seperti alpukat, apel, pir, pisang. Lalu ada kacang-kacangan seperti almond dan kacang merah.

Lalu ada sayuran seperti wortel, bayam, jamur, labu, asparagus, dan brokoli yang juga kaya akan serat.

3. Minum Air Putih
Minum air putih termasuk air hangat dapat membantu menjaga kadar gula darah dalam kisaran sehat. Selain itu, konsumsi air yang cukup dapat mencegah seseorang alami dehidrasi dan membantu ginjal membuang kelebihan gula melalui urine.

Satu satu studi observasional tahun 2021 menemukan bahwa orang yang minum lebih banyak air memiliki risiko lebih rendah terkena kadar gula darah tinggi. Minum air secara teratur dapat merehidrasi darah, menurunkan kadar gula darah, dan mengurangi risiko diabetes.

4. Mengatur Porsi Makan
Mengelola seberapa banyak porsi makan juga berperan dalam mengontrol kadar gula darah. Jumlah asupan yang ideal berperan untuk mempertahankan gula darah dalam keadaan normal dan mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2.

Beberapa cara yang bisa dilakukan dalam mengatur porsi makan adalah, makan secara perlahan, mengukur dan menimbang jumlah makanan, menggunakan piring yang lebih kecil, menghindari restoran all you can eat, membaca label kandungan makanan.

5. Mengelola Stres
Selain mengatur makanan, mengelola stres ternyata dapat membantu seseorang dalam mempertahankan kadar gula darah tetap dalam batas aman. Saat stres, tubuh akan mengeluarkan hormon yang disebut glukagon dan kortisol, yang menyebabkan kadar gula darah meningkat.

Beberapa strategi untuk mengelola stres adalah meditasi, pernapasan dalam, penjurnalan, psikoterapi, dan melakukan hobo favorit.

6. Tidur yang Cukup dan Berkualitas
Kebiasaan tidur yang kurang optimal dapat memengaruhi kadar gula darah dan sensitivitas insulin, serta berisiko terkena diabetes tipe 2. Kurang tidur juga meningkatkan kadar kortisol, yang memainkan peran penting dalam manajemen gula darah.

Tidur yang cukup berkaitan dengan kuantitas dan kualitas. Orang dewasa disarankan untuk mendapatkannya 7 hingga 8 jam tidur berkualitas tinggi per malam.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "6 Cara Simpel Turunkan Kadar Gula Darah Tinggi, Termasuk Rutin Minum Air Hangat"