Hagia Sophia

06 August 2024

Beberapa Makanan Ini Direkomendasikan untuk Intermittent Fasting

Foto: Instagram @marshanda99

Marshanda diketahui sukses menurunkan berat badannya sebanyak 17 kg. Dirinya diketahui melakukan metode diet intermittent fasting (IF) atau puasa intermiten.

Intermittent fasting merupakan program diet yang melibatkan siklus makan dan tidak makan secara bergantian. Setiap orang tentu memiliki metode intermittent fasting yang sesuai dengan tujuan dan kekuatan masing-masing.

Selain itu, mereka yang melakukan metode intermittent fasting juga mengonsumsi makanan-makanan tertentu agar bisa merasa kenyang lebih lama.

Dikutip dari Greatist, ada beberapa rekomendasi makanan yang bisa dimasukkan ke dalam menu ketika seseorang melakukan program diet intermittent fasting. Apa saja?

1. Alpukat
Pada penelitian di tahun 2017, kandungan lemak jenuh di alpukat mampu memberikan sinyal bahwa tubuh masih memiliki cukup makanan dan tidak dalam mode kelaparan.

Sebuah studi tahun 2013 bahkan menemukan bahwa menambahkan setengah buah alpukat ke dalam makan siang dapat membuat seseorang kenyang berjam-jam lebih lama dibandingkan mereka yang tidak makan mengonsumsinya.

2. Kentang
Penelitian tahun 2012 menemukan bukti bahwa rutin mengonsumsi kentang dapat membantu seseorang dalam menurunkan berat badan. Selama kentang tersebut tidak digoreng atau diolah jadi keripik.

3. Telur
Protein yang cukup dapat menjaga untuk terus merasa kenyang dan membentuk otot, terutama ketika mereka makan dalam porsi lebih sedikit. Satu telur biasanya menyediakan 6,24 gram protein.

Sebuah studi tahun 2010 menemukan bahwa pria yang makan telur untuk sarapan daripada bagel (roti) jarang merasa lapar dan makan lebih sedikit sepanjang hari.

4. Kacang
Kacang-kacangan mungkin memiliki kalori yang lebih tinggi dibandingkan makanan ringan lainnya, namun kacang-kacangan mengandung sesuatu yang tidak dimiliki sebagian besar makanan ringan yakni lemak baik.

5. Sayuran Kucifer
Jenis sayuran kucifer terdiri dari kembang kol, sayur hijau, kubis, brussel, lobak, bok choy, dan kale. Makanan-makanan ini kaya akan serat yang mampu membuat rasa kenyang bertahan cukup lama.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "5 Rekomendasi Makanan untuk Intermittent Fasting, Program Diet ala Marshanda"