Hagia Sophia

10 August 2024

Beberapa Minuman Ini Bisa Jadi Penurun Asam Urat, Termasuk Jus Ceri

Foto: Air lemon (Getty Images/iStockphoto/JulijaDmitrijeva)

Asam urat adalah masalah kesehatan yang sering dihadapi banyak orang, terutama bagi mereka yang memiliki riwayat keluarga dengan kondisi serupa. Gejala seperti nyeri sendi, pembengkakan dan rasa tidak nyaman bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Selain melalui perubahan pola makan dan gaya hidup, mengkonsumsi minuman tertentu bisa menjadi cara untuk menurunkan kadar asam urat. Lantas, apa saja minuman penurun asam urat?

10 Minuman Penurun Asam Urat Alami

Ada berbagai minuman yang dapat membantu menurunkan asam urat. Mulai dari air putih, air lemon, air jahe, aneka jus, hingga teh hijau

1. Air Putih
Minum air putih delapan gelas sehari penting bagi penderita asam urat. Sebab, air dibutuhkan untuk mengurangi pembengkakan yang terkait dengan kondisi tersebut.

Mengutip laman Medicine Net, air putih dapat melumasi sendi, mencegah gejalanya berlanjut, serta mengeluarkan asam urat dari tubuh. Menurut laman Unair, tubuh mengeluarkan asam urat melalui urin dan feses.

2. Air Lemon
Air lemon bisa membantu menyeimbangkan kadar pH tubuh. Kandungan sitratnya juga dapat membantu melarutkan kristal asam urat.

Cukup peras setengah lemon ke segelas air panas. Minum di pagi hari saat perut kosong.

3. Air Jahe
Berkat khasiat anti radangnya, jahe bisa membantu mengurangi kadar asam urat dan meredakan nyeri. Untuk meminum air jahe, seduh irisan jahe segar dalam air panas selama 5-10 menit.

Untuk menambah rasa, tambahkan madu atau lemon. Minum 2-4 kali sehari.

4. Jus Ceri
Mengutip laman Continental Hospital, penelitian membuktikan, minum jus ceri secara signifikan dapat mengurangi kadar asam urat dan berpotensi mengurangi frekuensi kambuhnya kondisi tersebut. Jangan lupa untuk membuat jus ceri tanpa pemanis. Minum setiap hari, terutama ketika asam urat kambuh.

5. Kopi
Kopi bisa mengurangi kadar asam urat dalam tubuh. Namun perlu diingat, penderita asam urat sebaiknya minum kopi dengan susu rendah lemak atau susu skim tanpa gula.

Meski begitu, tidak semua orang cocok mengkonsumsi kopi sebagai minuman asam urat. Jadi, penting untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu dalam hal ini.

6. Susu Kunyit
Kunyit mengandung kurkumin yang mempunyai efek antiradang yang membantu mengurangi kadar asam urat. Menurut laman NDTV, cara membuat susu kunyit yaitu campurkan satu sendok teh bubuk kunyit dengan susu hangat.

Untuk menambah rasa manis, kamu bisa menuangkan madu. Minum sebelum tidur.

7. Susu Rendah Lemak atau Produk Olahan Susu
Produk olahan susu yang rendah lemak seperti yoghurt dan susu skim dapat mengurangi jumlah asam urat dalam tubuh. Bagi orang-orang yang tidak toleran terhadap laktosa bisa meminum susu nabati yang diperkaya dengan kalsium dan vitamin.

8. Jus Semangka
Semangka bersifat menghidrasi serta mengandung senyawa seperti citrulline yang bisa membantu mengatur kadar asam urat. Untuk membuat jus semangka, cukup campurkan potongan semangka dengan sedikit air. Minum secara teratur, terutama selama musim-musim panas.

9. Jus Mentimun
Seperti semangka, timun mengandung banyak air yang bisa membantu meningkatkan hidrasi. Sayuran ini dapat membuang racun, termasuk asam urat.

10. Teh Hijau
Teh hijau mempunyai banyak khasiat kesehatan, salah satunya menurunkan kadar asam urat. Menurut studi dalam Journal Ethnopharmacology, kandungan polifenol dalam teh hijau bisa menurunkan kadar asam urat dengan cara mengurangi produksi senyawa tersebut dalam tubuh.

Teh hijau juga meningkatkan jumlah zat asam urat yang dikeluarkan bersama urin. Tak hanya itu, kandungan antioksidan dalam teh hijau membantu meredakan peradangan yang dipicu asam urat.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "10 Minuman Penurun Asam Urat Alami, dari Air Jahe sampai Jus Ceri"