Hagia Sophia

06 September 2024

Kemenkes Temukan Kasus Baru Suspek Mpox di Jakarta dan Bali

Ilustrasi pasien Mpox. (Foto: iStock)

Pemerintah kembali mengonfirmasi penambahan tiga kasus suspek Mpox baru, setelah sebelumnya ditemukan 10 orang yang diduga terpapar. Sebagian besar dinyatakan negatif, tetapi masih ada tujuh sampel dari keseluruhan kasus yang masih dalam tahap pemeriksaan di laboratorium.

Kementerian Kesehatan RI menyebut sejumlah kasus suspek baru banyak ditemukan di Bali dan Jakarta. Plt Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan RI dr Siti Nadia Tarmizi menyebut hingga kini Indonesia masih 'bebas' dari Mpox varian clade Ib.

Varian tersebut memiliki tingkat fatalitas tinggi di atas 10 persen, berbeda dengan clade IIb yang memang sudah ditemukan di Indonesia dengan angka kematian di bawah satu persen.

Terbukti, dari 88 kasus yang ditemukan sejak 2021, nihil catatan kematian.

"Memang kemarin sempat ada lima suspek, terus beberapa hari yang lalu itu sempat ada 10 suspek dan kemarin ada dari Bandara Soekarno-Hatta itu dikatakan ada tiga suspek, ya," beber dr Nadia di Gedung Nusantara I DPR RI Jakarta, Selasa (3/9/2024).

"Namun semuanya sampai saat ini masih ada tujuh sampel yang dalam pemeriksaan, sementara yang lain sudah negatif (Mpox)," lanjutnya.

Selain Bali dan Jakarta, suspek juga dilaporkan di Yogyakarta serta Kalimantan.

"Jumlah kasus Mpox Indonesia masih belum bertambah dan Clade 1B, seperti yang di Kongo itu belum kita temukan sampai saat ini," tegas dr Nadia.

Seperti diberitakan sebelumnya, secara kumulatif kasus terkonfirmasi Mpox mulai ditemukan sejak 2022, satu pasien di tahun tersebut, 73 kasus terbanyak di 2023, dan pada 2024 sejauh ini tercatat 14 orang.

Adapun sebarannya adalah seperti berikut:
  • Kepulauan Riau
  • Banten
  • DKI Jakarta
  • Jawa Barat
  • Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)
  • Jawa Timur.
DKI Jakarta dan Jawa Barat menjadi wilayah dengan penyumbang kasus Mpox terbanyak yakni masing-masing di atas 10 pasien.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kemenkes Temukan Kasus Baru Suspek 'Cacar Monyet' Mpox, Ada di DKI-Bali"