Hagia Sophia

04 February 2023

Beberapa Faktor Penyebab Gagal Ginjal yang Harus Diwaspadai

Gagal ginjal mengharuskan seseorang cuci darah secara rutin (Foto: Getty Images/iStockphoto/saengsuriya13)

Gagal ginjal merupakan penyakit yang dipengaruhi oleh sejumlah faktor seperti gaya hidup, faktor genetik, dan penyakit. Berikut adalah penyakit yang dapat memicu gagal ginjal.

Ginjal merupakan organ yang penting bagi tubuh. Ginjal berfungsi untuk menyaring produk limbah metabolisme dan kelebihan cairan tubuh yang dikeluarkan dalam bentuk urine.

Setiap manusia dianugerahi dua ginjal, yang terletak pada sebelah kanan dan kiri tulang belakang. Ketika seseorang mengalami gagal ginjal, maka salah satu atau bahkan kedua ginjal tidak berfungsi secara optimal.

Menurut Dokter Spesialis Patologi Klinis RS Mayapada, Cilandak, Jakarta Selatan, dr Budiman Kharma, PhD, SpPK gagal ginjal dipicu oleh beberapa macam penyakit. Di antaranya hipertensi, diabetes, infeksi, dan kanker. Selain itu, faktor genetik juga dapat berpengaruh.

"Gagal ginjal bisa karena komplikasi diabetes. Gagal ginjal bisa penyakit genetik, polikistik dan sebagainya, bisa juga infeksi," kata dr Budiman, kepada detikcom, Jumat (3/2/2023).

Berikut beberapa faktor penyebab gagal ginjal:

1. Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi dapat memicu gagal ginjal. Sebab, darah mengalir melalui pembuluh darah tubuh dengan kekuatan yang meningkat. Jika hal tersebut dibiarkan, maka bisa merusak jaringan ginjal.

"Kemudian sel-selnya akan setengah mati, terus lama-lama jaringannya akan habis gitu," kata dr Budiman.

2. Diabetes

Setiap ginjal terdiri dari jutaan filter kecil yang disebut nefron. Seiring waktu, gula darah tinggi akibat diabetes dapat merusak pembuluh darah di ginjal dan juga nefron sehingga tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

3. Faktor genetik

Penyakit bawaan atau genetik bisa menjadi salah satu pemicu gagal ginjal. Penyakit ginjal yang disebabkan oleh faktor genetik disebut penyakit ginjal polikistik.

4. Infeksi

Dalam bahasa medis, infeksi ginjal disebut juga pielonefritis. Pielonefritis bisa menyebabkan gagal ginjal dalam hitungan minggu.

"Kalau memang tidak ditangani yang baik, (ginjal) rusak," tutur dr Budiman.

5. Kanker

Pengidap kanker, khususnya pada stadium akhir bisa mengalami gagal ginjal. Sebab, sel kanker sudah menyebar ke seluruh organ termasuk ginjal.

"Cancer (kanker) stadium akhir atau penyebaran cancer ya gagal ginjal juga bisa," pungkas dr Budiman.























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "5 Penyebab Gagal Ginjal yang Perlu Diwaspadai, Bisa Fatal Jika Diabaikan"