Hagia Sophia

27 May 2024

Beberapa Buah yang Aman Dikonsumsi untuk Atasi Diare

Ilustrasi buah untuk diare. (Foto: Getty Images/iStockphoto/fotostorm)

Diare merupakan salah satu gangguan pencernaan yang paling umum terjadi. Kondisi ini membuat pengidapnya sering buang air besar dengan feses (tinja) yang encer.

Meski sering dialami banyak orang, bukan berarti kondisi ini bisa dianggap remeh. Sebab, diare yang tidak ditangani dengan tepat dapat menyebabkan komplikasi atau masalah kesehatan yang lebih serius, termasuk dehidrasi berat.

Untuk mengganti cairan dan elektrolit tubuh yang hilang ketika diare, maka penting untuk memperbanyak minum air putih dan konsumsi makanan yang bertekstur lembut, seperti buah-buahan. Namun, jangan sembarang pilih buah karena beberapa justru dapat memperburuk diare.

Lantas, apa saja buah yang aman dikonsumsi untuk mengatasi diare? Dikutip dari berbagai sumber, berikut pembahasannya.

1. Apel
Buah untuk diare yang pertama adalah apel. Apel mengandung serat larut bernama pektin yang mampu memadatkan tinja, sehingga keluarnya menjadi lebih teratur.

Tak hanya itu, apel juga mengandung kalium (potassium) yang dapat membantu menyerap cairan berlebih di usus, serta membantu menyeimbangkan elektrolit dalam tubuh.

2. Pisang
Sama seperti apel, pisang juga mengandung kalium dan serat larut yang bermanfaat dalam membantu mengatasi gejala diare. Teksturnya yang lunak juga menjadikan pisang buah yang baik dikonsumsi untuk pengidap diare.

Selain itu, pisang juga mengandung gula dan karbohidrat yang dapat menambah energi. Hal ini tentunya sangat bermanfaat bagi pengidap diare yang mengalami lemas akibat kekurangan cairan.

3. Alpukat
Alpukat juga termasuk buah untuk diare yang kerap direkomendasikan lantaran mengandung kalium yang cukup tinggi. Seperti yang disebutkan sebelumnya, kalium dapat membantu menjaga keseimbangan elektrolit di dalam tubuh.

Buah ini juga memiliki tekstur yang lembut, sehingga ramah untuk sistem pencernaan yang terganggu.

4. Kelapa
Pilihan buah untuk diare selanjutnya adalah kelapa. Sebab, kelapa memiliki kandungan air dan elektrolit, sehingga cocok dikonsumsi oleh orang yang mengalami diare.

Tak hanya itu, air kelapa juga memiliki khasiat untuk melancarkan sirkulasi darah. Sirkulasi darah yang lancar menuju saluran pencernaan dapat membantu sistem kekebalan tubuh melawan infeksi penyebab diare.

5. Semangka
Semangka mengandung banyak air, sehingga dapat mengembalikan cairan tubuh yang hilang akibat diare. Daging buah semangka juga memiliki tekstur yang cukup lunak, sehingga mudah dicerna oleh usus.

Seperti buah untuk diare lainnya, semangka juga tinggi kalium, sehingga dapat membantu menyeimbangkan kadar elektrolit yang terganggu akibat diare.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "5 Rekomendasi Buah yang Tokcer Atasi Diare, Pisang-Kelapa"