Hagia Sophia

27 May 2024

Makanan Ini Miliki Kadar Oksalat Tinggi yang Bisa Picu Batu Ginjal

Ilustrasi batu ginjal. (Foto: Shutterstock)

Makanan adalah salah satu faktor yang dapat memengaruhi kesehatan ginjal kita. Mengonsumsi makanan tertentu dapat meningkatkan risiko gangguan ginjal, salah satunya adalah batu ginjal.

Batu ginjal adalah kondisi yang terjadi akibat adanya endapan mineral dan garam di dalam ginjal. Endapan ini dapat menghalangi saluran kemih dan menimbulkan sejumlah gejala, mulai dari nyeri hingga gangguan buang air kecil.

Batu ginjal dapat disebabkan oleh kebiasaan mengonsumsi makanan tertentu, seperti makanan tinggi oksalat. Oksalat adalah senyawa kimia yang berperan dalam proses metabolisme dan perbaikan sel-sel tubuh.

Namun jika jumlahnya terlalu tinggi, oksalat dapat meningkatkan risiko terbentuknya endapan batu ginjal. Batu ginjal yang disebabkan oleh oksalat disebut juga dengan batu ginjal kalsium oksalat (calcium oxalate stone).

Lantas, apa saja makanan tinggi oksalat yang dapat memicu batu ginjal? Dikutip dari WebMD, berikut daftarnya.

1. Bayam
Sayuran berdaun hijau, seperti bayam, memang kaya akan vitamin dan mineral. Namun, bayam juga tinggi oksalat.

Faktanya, setengah cangkir bayam matang dapat mengandung hingga 755 miligram oksalat. Seseorang yang berisiko tinggi terkena batu ginjal disarankan untuk hanya mengonsumsi 50-100 miligram oksalat per hari.

2. Produk Kedelai
Produk yang terbuat dari kedelai merupakan sumber protein yang sangat baik, terutama bagi orang yang menjalani pola makan nabati. Namun, produk kedelai juga mengandung oksalat tinggi.

Misalnya saja tahu. Satu porsi tahu keras seberat tiga ons saja bisa mengandung hingga 235 miligram oksalat. Di sisi lain, satu cangkir susu kedelai atau yogurt dapat mengandung sekitar 336 miligram oksalat.

3. Kacang Almond
Kacang almond tak hanya kaya akan berbagai vitamin dan mineral, tapi juga tinggi oksalat. Satu ons susu almond (setara dengan 22 butir kacang) mengandung sekitar 122 miligram oksalat.

4. Kentang
Sumber karbohidrat yang sering dikonsumsi sebagai pengganti nasi ini juga termasuk makanan tinggi oksalat. Kentang panggang berukuran sedang dapat mengandung sekitar 97 miligram oksalat.

Kandungan oksalat tersebut sebagian besar terdapat pada kulit kentang, yang juga kaya akan nutrisi seperti serat, vitamin C, dan vitamin B.

5. Bit
Bit adalah sumber nutrisi yang sangat baik, seperti folat dan mangan. Bit pun sering dikonsumsi sebagai obat alami untuk mengatasi tekanan darah tinggi.

Namun, bit juga tinggi oksalat. Satu cangkir bit dapat mengandung sekitar 152 miligram oksalat, menjadikannya salah satu sayuran dengan kandungan oksalat tertinggi.

6. Raspberry
Seperti halnya buah beri lain, raspberry merupakan sumber vitamin, mineral, dan antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan. Namun, raspberry ternyata termasuk buah dengan kandungan oksalat tertinggi loh.

Sebab, satu cangkir buah raspberry bisa mengandung hingga 48 miligram oksalat. Jumlah ini jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan buah lain, seperti alpukat, jeruk, dan jeruk bali.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Hati-hati, 6 Makanan Tinggi Oksalat Ini Bisa Picu Batu Ginjal"