Hagia Sophia

02 May 2024

Berbagai Obat Biang Keringat Alami untuk Atasi Gatal di Kulit

Foto: Getty Images/iStockphoto/LENblR

Biang keringat muncul antara lain karena keringat tersumbat. Ini bisa menyebabkan ruam dan gatal-gatal pada kulit. Kondisi tersebut bisa dialami siapa saja, terutama pada bayi yang kelenjar keringatnya belum berkembang baik.

Simak artikel ini untuk mengetahui 12 obat biang keringat alami yang aman digunakan. Dengan demikian, ruam dan gatal-gatal akibat biang keringat bisa disembuhkan.

Obat Biang Keringat Alami

Untuk mengatasi biang keringat, cobalah 12 obat biang keringat alami berikut ini:

1. Minyak Jarak
Dikutip dari situs Kementerian Kesehatan, minyak jarak dapat digunakan sebagai obat biang keringat alami karena dapat mengontrol produksi minyak berlebih pada kulit.

Oleskan minyak jarak ke kulit yang terkena biang keringat secukupnya, tunggu sampai menyerap. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Madu
Madu juga dapat digunakan untuk mengatasi biang keringat karena mengandung antiinflamasi.

Kamu bisa mengoleskan madu secukupnya pada kulit yang terkena biang keringat, diamkan sekitar 20 menit, lalu bilas dengan air bersih.

3. Kompres Air Dingin atau Es
Biang keringat menyebabkan kulit mengalami iritasi. Kompres air dingin atau es sangat efektif untuk menenangkan kulit iritasi. Bungkuslah es dengan kain atau rendamlah kain dengan air dingin lalu tempelkan ke kulit.

4. Gel Lidah Buaya
Lidah buaya bermanfaat untuk meredakan inflamasi dan dapat mengurangi area yang terpapar biang keringat. Kamu bisa menggunakan gel yang diambil dari batang lidah buaya lalu oleskan pada kulit.

5. Menggunakan Oatmeal
Oatmeal biasanya digunakan sebagai menu sarapan. Tetapi kandungannya juga efektif mengurangi gatal dan peradangan, sehingga cocok digunakan sebagai obat biang keringat alami.

Campurkan oatmeal dengan air seperti biasa, aduk agar berbentuk pasta, oleskan pada kulit yang terkena biang keringat.

6. Gunakan Pakaian yang Longgar
Saat mengalami biang keringat, selalu gunakan pakaian longgar dan nyaman. Pilihlah pakaian yang berbahan katun dan tidak menyerap panas. Hal ini membantu menyembuhkan ruam pada kulit.

7. Mandi atau Berendam Air Dingin
Dikutip dari Medical News Today, mandi atau berendam air dingin dapat membantu menenangkan kulit yang gatal. Kamu juga bisa menggunakan eksfoliator yang lembut pada kulit untuk membuka pori-pori.

8. Pakai Kipas Angin atau AC
Suhu yang panas bisa memperparah ruam akibat biang keringat. Gunakanlah kipas angin atau pendingin ruangan (AC) untuk menjaga suhu tetap sejuk sehingga tubuh tidak mengeluarkan keringat berlebih.

9. Kayu Cendana
Kayu cendana memiliki sifat analgesik dan antiinflamasi, sehingga bisa dimanfaatkan untuk meringankan beberapa gejala ruam panas.

Gunakanlah pasta campuran bubuk cendana dengan air, lalu oleskan ke bagian yang mengalami biang keringat.

10. Tar Pinus
Tar pinus juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengobati kondisi kulit yang gatal atau iritasi, sehingga cocok bagi penderita biang keringat. Ada sejumlah produk topikal dengan kandungan tar pinus yang bisa kamu coba.

11. Daun Mimba
Dilansir dari situs Healthline, daun mimba (margosa) bisa membantu mengatasi ruam kulit karena mengandung antimikroba dan antiinflamasi.

Campurkan bubuk mimba dengan air sampai terbentuk pasta, lalu oleskan dan diamkan beberapa menit, kemudian bilas. Namun cara ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

12. Garam Epsom
Satu lagi obat biang keringat alami yang bisa dipakai, yaitu garam epsom (magnesium sulfat) yang diklaim memiliki berbagai manfaat kesehatan. Mandi air hangat dengan satu atau dua cangkir garam epsom dapat menangani masalah kulit.

Demikian tadi 12 obat biang keringat alami untuk mengatasi ruam dan gatal di kulit. Jika biang keringat tak kunjung sembuh, segera hubungi dokter.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "12 Obat Biang Keringat Alami untuk Atasi Ruam Gatal di Kulit"