Hagia Sophia

31 May 2024

Daun Sambiloto Bermanfaat untuk Redakan Gejala COVID-19

Ilustrasi daun sambiloto. (Foto: Shutterstock)

Ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan terhindar dari virus COVID-19 yang tengah merebak. Salah satunya dengan mengonsumsi ramuan herbal untuk meningkatkan imunitas.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI) belum lama ini melaporkan kenaikan kasus COVID-19 di Indonesia akibat varian JN.1. Di tengah naiknya kasus COVID-19, tentunya menjaga imun tubuh menjadi semakin penting dilakukan agar tidak tertular virus tersebut.

Selain dengan suplemen dan obat-obatan, imun tubuh juga bisa ditingkatkan dengan ramuan herbal tradisional. Nah, salah satu tanaman yang kerap disebut mampu mencegah virus COVID-19 adalah daun sambiloto.

Namun, apakah benar daun sambiloto bisa mencegah penularan virus COVID-19?

Ketua Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional Jamu Indonesia (PDPOTJI) dr Inggrid Tania mengatakan imunitas tubuh merupakan aspek penting yang harus senantiasa dijaga, terutama untuk menghadapi virus COVID-19.

Salah satu cara meningkatkan imun tubuh adalah dengan mengonsumsi imunomodulator, yakni zat yang dapat membantu menguatkan reaksi sistem imun tubuh.

"Ada macam-macam herbal yang bisa membantu kita untuk menguatkan imunitas tubuh kita, artinya membantu daya tahan tubuh kita semakin kuat terhadap penyakit-penyakit infeksi, di antaranya supaya kita tidak gampang tertular COVID-19. Salah satu contohnya adalah herbal sambiloto," ujarnya dalam keterangan melalui video yang diterima detikcom Kamis (30/5/2024).

dr Inggrid menjelaskan daun sambiloto sudah digunakan oleh masyarakat Nigeria sebagai obat alami untuk mengatasi berbagai macam keluhan kesehatan, seperti demam dan sakit tenggorokan.

"Di Nigeria orang di sana biasa mengonsumsi tujuh lembar daun sambiloto mentah, dikunyah lalu ditelan, sebanyak dua sampai tiga kali sehari untuk meredakan demam, batuk, pilek, serta sakit tenggorokan," tuturnya.

Selain untuk meredakan gejala penyakit, daun sambiloto juga dapat dikonsumsi secara rutin untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

"Di samping itu, bisa dikonsumsi satu sampai dua kali sehari untuk meningkatkan imunitas," katanya.

Terkait manfaat daun sambiloto untuk mencegah virus COVID-19, dr Inggrid menjelaskan daun sambiloto memiliki sifat imunomodulator dan antivirus. Hal inilah yang membuat sambiloto dapat dapat dimanfaatkan sebagai solusi preventif dan kuratif terhadap COVID-19.

"Sambiloto merupakan salah satu solusi yang murah, mudah didapatkan dan relatif aman, digunakan dalam upaya preventif dan kuratif pada COVID-19, serta upaya rehabilitatif pada post-COVID," ungkapnya kepada detikcom, Kamis (30/5/2024).

Meski begitu, dr Inggrid mengingatkan agar penggunaan daun sambiloto tetap berdasarkan anjuran dari dokter.

"Tapi ingat untuk selalu mengkomunikasikan, berkonsultasi dengan dokter Anda jika berencana melakukan pengobatan dengan ramuan sambiloto sebagai terapi komplementer mendampingi obat medis konvensional dari dokter," tandasnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Sederet Khasiat Daun Sambiloto untuk Redakan Gejala COVID-19"